Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Tim KKN-T Unikama Sukses Menggelar Program PLP di SMP Negeri 2 Wagir

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : A Yahya

06 - Dec - 2023, 17:14

Tim mahasiswa Unikama melaksanakan program PLP di SMPN 2 Wagir (ist)
Tim mahasiswa Unikama melaksanakan program PLP di SMPN 2 Wagir (ist)

JATIMTIMES - Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) mengadakan program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) yang diselenggarakan di SMP Negeri 2 Wagir. Kegiatan PLP ini diadakan oleh Program Studi (Prodi) S1 Bimbingan dan Konseling Unikama. 

5 mahasiswa semester 5 terlibat dalam kegiatan PLP, antara lain Khoirunisak, Rosita Dwi Ningtyas, Firda Dwi Maharani, dan Firda Ilman Aghista.

Baca Juga : Tekan Stunting, Dinsos-P3AP2KB Kota Malang Rutin Gelar Sekolah Orang Tua Hebat

Eva Kartika Wulan Sari MPd Kons selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) menjelaskan, bahwa kegiatan PLP bertujuan untuk memberikan pengalaman langsung dan nyata kepada mahasiswa. Sehingga bukan hanya sekedar teori yang dipelajari, namun para mahasiswa dapat secara real mengetahui kondisi dilapangan. 

"Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman langsung di lapangan pada mahasiswa agar mampu mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari di kampus," terang Eva.

1

Lebih lanjut, bahwa dalam pelaksanaan PLP harus memenuhi beberapa persyaratan yang ditentukan oleh DP2KI, termasuk lokasi sekolah yang dekat dengan tempat kegiatan KKN-T (Kuliah Kerja Nyata-Tatap Muka) serta keberadaan guru pamong BK di sekolah tersebut.

Pengantaran mahasiswa yang menjalani PLP dilakukan oleh DPL selama 3 bulan, dimulai pada akhir Agustus 2023 dan berakhir pada November 2023. 

Dalam pelaksanaan PLP, digunakan sistem shift. Terdapat pergantian shift setiap dua minggu oleh mahasiswa S1 BK. Hal ini lantaran para mahasiswa harus membagi waktu antara kegiatan proker KKN-T ISS dengan PLP.

Kegiatan PLP yang dilaksanakan oleh mahasiswa S1 BK, memiliki program utama yaitu bimbingan klasikal di kelas. Dalam program ini, mahasiswa BK diberikan kesempatan untuk memberikan materi kepada peserta didik secara langsung. Selain memberikan materi, pembelajaran juga diselingi dengan permainan atau game untuk meningkatkan keterlibatan siswa.

Baca Juga : Kisah Abu Hurairah, Sahabat yang Mendapatkan Julukan Bapak Kucing

"Salah satu game yang dimainkan dalam pembelajaran adalah menjawab pertanyaan di Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) secara berkelompok. Dalam game ini, tiap siswa harus menuliskan jawaban kata untuk membentuk suatu kalimat yang dapat menjawab pertanyaan yang diberikan." jelas Khoirunisak yang merupakan mahasiswa Prodi BK Unikama.

3

Tak hanya bimbingan klasikal, mahasiswa S1 BK juga melakukan layanan lain seperti bimbingan konseling, bimbingan kelompok, bimbingan belajar, bimbingan karir, dan konseling individual. 

Eva Kartika berharap, melalui kegiatan ini, dapat memberikan kontribusi positif kepada para mahasiswa dalam meningkatkan kompetensinya. Diharapkan juga, mahasiswa dapat memperoleh pengalaman yang berharga dalam dunia lapangan pendidikan yang sesungguhnya. Selain itu, diharapkan juga bahwa kehadiran mahasiswa dilingkungan sekolah dapat memberikan manfaat, baik peserta didik maupun untuk sekolah yang dikunjungi.

Disisi lain, Sri Wayati SPd, selaku Guru Pamong Bimbingan dan Konseling di SMP Negeri 2 Wagir, menyampaikan apresiasi hadirnya tim mahasiswa Unikama di sekolah tersebut. Senada dengan DPL, pihaknya berharap kehadiran tim mahasiswa Unikama memberikan kontribusi positif.


Topik

Pendidikan unikama mahasiswa unikama Eva Kartika Wulan Sari


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

A Yahya