Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik

Mulai Sortir Logistik Kotak Suara Pemilu 2024, KPU Kota Blitar Temukan Kekurangan dan Kerusakan

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Nurlayla Ratri

06 - Dec - 2023, 13:19

KPU Kota Blitar mulai menyortir kotak suara Pemilu 2024.
KPU Kota Blitar mulai menyortir kotak suara Pemilu 2024.

JATIMTIMES- KPU Kota Blitar telah memulai proses penyortiran logistik kotak suara Pemilu 2024 pada Rabu (6/12/2023). Kegiatan tersebut bertujuan untuk menghitung serta memeriksa kondisi kotak suara yang telah diterima. Dalam tahap penyortiran ini, petugas terlihat sibuk menurunkan tumpukan kotak suara di gudang logistik KPU Kota Blitar.

Chrisetyo Widyaksono, Kasubag Keuangan Umum dan Logistik KPU Kota Blitar, menjelaskan bahwa dari total kebutuhan sebanyak 2.191 buah kotak suara untuk Pemilu 2024 di Kota Blitar, baru sebanyak 1.300 kotak suara yang telah diterima. Hal ini berarti masih terdapat kekurangan sebanyak 891 buah kotak suara yang harus segera dipenuhi. Proses penyortiran ini melibatkan petugas internal KPU Kota Blitar yang secara teliti mengecek kondisi setiap kotak suara yang telah diterima.

Baca Juga : Pemkab Blitar Gencarkan Pembangunan Infrastruktur Jalan di Akhir Tahun Anggaran 2023

"Tujuan utama penyortiran ini adalah untuk mengetahui apakah ada kerusakan pada kotak suara yang sudah kami terima," ungkap Chrisetyo Widyaksono.

Namun, dalam proses penyortiran tersebut, petugas menemukan dua kotak suara yang mengalami kerusakan. Kotak suara tersebut terdapat kerusakan fisik, seperti mengelupas bagian luar dan berlubang. Chrisetyo menegaskan bahwa data kerusakan tersebut akan didokumentasikan dan pihaknya akan segera menghubungi penyedia untuk meminta penggantian kotak suara yang rusak.

"Saat ini, petugas hanya melakukan sortir kotak suara. Perakitan kotak suara untuk Tempat Pemungutan Suara (TPS) masih menunggu instruksi lebih lanjut," tambahnya.

Tak hanya KPU, tetapi juga Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Blitar ikut mengawasi proses penyortiran kotak suara. Ketua Bawaslu Kota Blitar, Roma Hudi Fitrianto, memastikan bahwa kotak suara yang ditemukan rusak akan dikembalikan kepada penyedia untuk mendapatkan ganti sesuai ketentuan.

Baca Juga : Produk Olahan Warga Binaan Rutan Situbondo Resmi Terima Sertifikat Halal

“Bawaslu turut mengawasi proses penyortiran ini. Kotak suara yang ditemukan rusak akan dikembalikan kepada penyedia guna mendapatkan penggantian yang sesuai,” tegas Roma.

Proses ini menjadi tonggak awal yang krusial dalam memastikan kelancaran dan transparansi Pemilu 2024 di Kota Blitar. Sementara, pihak terkait terus berupaya memenuhi kebutuhan logistik guna menyelenggarakan proses demokrasi dengan baik dan adil bagi warga.


Topik

Politik Blitar KPU Kota Blitar kotak suara logistik pemilu


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Nurlayla Ratri