Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Dua Inovasi Terbaru Berbasis Online Siap Menyapa Pendidikan Kabupaten Malang

Penulis : Dede Nana - Editor : Heryanto

08 - Aug - 2018, 16:12

Tampilan aplikasi Sinau Disdik Kabupaten Malang
Tampilan aplikasi Sinau Disdik Kabupaten Malang

MALANGTIMES - Kembali,  Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Malang, menyiapkan inovasi terbarunya.

Inovasi yang akan menyapa dunia pendidikan di Kabupaten Malang ini diproyeksikan untuk mempermudah pembelajaran para siswa. 

Baca Juga : Belajar dari Rumah Lewat TVRI Mulai Hari Ini, Intip Jadwalnya Yuk!

Tentunya,  ujung dari inovasi yang nanti berupa bimbingan belajar (bimbel) online dari Disdik ini adalah meningkatnya kualitas dan prestasi para siswa yang kini terus berjuang menorehkan berbagai penghargaan. Baik di tingkat provinsi Jawa Timur (Jatim) maupun di Indonesia. 

Inovasi tersebut dinamakan Sinau. Sinau merupakan platform e-learning yang disiapkan oleh Disdik Kabupaten Malang untuk menunjang proses pembelajaran bagi peserta didik.

Tempat belajar seru buat kamu yang siap maju. Dari Kabupaten Malang untuk Indonesia. Begitulah tagline program tersebut dituliskan. 

"Melalui Sinau,  siswa bisa membuka dan mengikuti bimbel online melalui Ipad di rumahnya masing-masing. Hal ini tentunya akan lebih mempermudah proses pembelajaran siswa di luar jam sekolah, ” kata M Hidayat atau lebih familiar disapa Dayat,  Kepala Disdik Kabupaten Malang,  Rabu (8/8/2018). 

Program Sinau Disdik Kabupaten Malang bisa diunduh di play store. Di dalamnya, beragam fitur  bisa digunakan oleh para siswa. 

Dari bimbingan belajar, diskusi dengan guru, bank soal untuk latihan ujian maupun game edukatif yang bisa dimainkan secara interaktif. 

 M Hidayat kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Malang

Selain tentunya program Sinau nantinya akan diasuh para guru dari berbagai mata pelajaran yang tergabung dalam kelompok kerja guru Disdik Kabupaten Malang. 

"Berapa bulan lalu sudah di soft launching oleh bapak bupati malang. Kini kita terus kembangkan agar semakin sempurna," ujar Dayat yang juga mengatakan,  bahwa aplikasi Sinau berukuran 2,9 MB. 

Baca Juga : Siswa yang Tak Punya Akses Internet Mulai Senin Belajar Lewat TVRI

"Relatif kecil sehingga mudah di unduh dan gampang diaplikasikan nantinya oleh siswa," imbuhnya. 

Selain aplikasi Sinau, Disdik  juga sedang menyiapkan inovasi lainnya. Yaitu berupa penerapan sistem rapor online (e-rapor). 

E-rapor adalah bagian dari program Disdik dalam menyelaraskan kebutuhan siswa maupun orang tua dengan perkembangan zaman saat ini. Melalui aplikasi tersebut,  murid dan wali murid bisa melihat e-rapor dari hasil ujian sekolah.

“Jadi hasil belajar siswa bisa dipantau juga secara langsung dan dimanapun oleh orang tuanya melalui aplikasi ini ,” ujar Dayat.

Berbagai inovasi yang terus dikembangkan oleh Disdik Kabupaten Malang dengan tagline "Dari Kabupaten Malang Untuk Indonesia" ini,  dibarengi dengan berbagai peningkatan kapasitas di tubuhnya sendiri. 

Dayat menjelaskan,  pihaknya mendorong setiap ASN yang ada dan memiliki kemampuan IT untuk bisa terus mengembangkan dan mengasah keahliannya. 

"Jadi saya sebagai Kadis terus mendorong di dalam tubuh Disdik sendiri untuk mengembangkan potensi sumber daya manusia yang faham IT. Kita kirim mereka nanti ke berbagai pelatihan maupun acara replikasi inovasi di berbagai daerah. Sehingga nantinya mereka yang jadi pengelola berbagai inovasi IT kita," pungkas Dayat. 


Topik

Pendidikan Pendidikan-Kabupaten-Malang Dinas-Pendidikan bimbingan-belajar


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Dede Nana

Editor

Heryanto