Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik

TKN Pastikan Prabowo-Gibran Siap Hadapi Debat Capres-Cawapres Pertama, Sebut Tak Akan Serang Paslon Lain

Penulis : Mutmainah J - Editor : Yunan Helmy

03 - Dec - 2023, 14:27

Prabowo dan Gibran. (Foto dari internet)
Prabowo dan Gibran. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Wakil Ketua TKN Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Habiburokhman, memastikan pasangan itu siap menghadapi debat pertama  capres-cawapres yang digelar beberapa hari mendatang. Ia memastikan keduanya tidak akan menyerang paslon lain saat beradu pendapat.

"Pasangan Prabowo-Gibran kami pastikan tidak akan memakai strategi menyerang paslon lain saat debat capres dan cawapres pertama 12 Desember yang akan datang," kata Habiburokhman kepada wartawan, Minggu (3/12/2023).

Baca Juga : KPU Hilangkan Debat Khusus Cawapres, Gibran: Tak Untungkan Siapa pun

Lebih lanjut Habiburokhman memuji pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD dan Anies Baswedan-Muhaimin sebagai kandidat terbaik. Ia mengatakan keduanya merah putih sejati yang akan melakukan yang terbaik untuk Indonesia.

"Kami yakin bahwa Pak Ganjar, Pak Mahfud, Pak Anies serta Pak Muhaimin adalah putra putra terbaik bangsa. Idealisme mereka dan hati mereka pasti sama dengan paslon kami, yakni merah putih sejati dan ingin melakukan hal-hal yang terbaik untuk bangsa dan negara kita," ucapnya.

Habiburokhman kemudian mengungkap Prabowo dan Gibran sangat siap dengan tema debat yang akan datang, yakni soal hukum, HAM, pemberantasan korupsi, dan penguatan demokrasi.

"Paslon kami sudah tidak sabar untuk menyampaikan visi, misi, program, serta gagasan gagasan terkait tema tersebut di atas. Secara umum kami yakin bahwa negara yang besar, disegani, dihormati bangsa-bangsa lain adalah negara yang mampu menyejahterakan rakyatnya, di mana hukum dan HAM serta demokrasi ditegakkan dan korupsi diberantas secara maksimal," ujar Habiburokhman.

Wakil ketua Komisi III DPR RI ini selanjutnya mengatakan program-program Prabowo-Gibran berkaitan dengan penegakan hukum. Dia menyebut salah satu keinginan Prabowo-Gibran yakni menyempurnakan reformasi di bidang hukum pidana.

"Terkait penegakan hukum kami ingin melanjutkan dan menyempurnakan reformasi bidang hukum pidana yang sedang berlangsung saat ini. Fi antaranya dengan disahkannya KUHP. Di bidang pemberantasan korupsi, kami akan memaksimalkan sinergitas edukasi, pencegahan dan penindakan korupsi. Khusus untuk penanganan penyalahgunaan narkoba, kami akan memperkenalkan program pendekatan rehabilitatif terhadap penyalahgunaan narkoba," ungkap dia.

Senada dengan Habiburokhman, Wakil Ketua TKN lainnya, Juri Ardiantoro, juga memastikan Prabowo dan khususnya Gibran siap untuk berdebat sesuai dengan UU Pemilu dan PKPU.

"Tuduhan bahwa cawapres Gibran Rakabuming Raka tidak siap berdebat adalah framing menyesatkan. Cawapres Gibran siap berdebat sesuai dengan format UU Pemilu dan Peraturan KPU, baik dalam Penjelasan Pasal 277 Ayat (1) UU No. 7 Tahun 2017 maupun Pasal 50 PKPU No 15 tahun 2023. Isinya sama, yakni debat pasangan calon dilaksanakan 5 kali adalah dilaksanakan 3  kali untuk calon presiden dan 2 kali untuk calon wakil presiden," ujar dia.

Meski demikian, Juri mengatakan berdasarkan UU dan PKPU, dalam debat  capres dan cawapres harus selalu dihadirkan. Dia mengatakan itu demi menunjukkan bahwa keduanya merupakan satu kesatuan.

"Debat capres maupun cawapres, baik UU maupun PKPU, selalu menegaskan bahwa yang dimaksud debat adalah debat pasangan calon, karena memang peserta pilpres adalah pasangan calon. Sehingga tidak salah dan memang seharusnya dalam setiap debat, pasangannya dihadirkan untuk memastikan bahwa pasangan capres cawapres adalah satu kesatuan, baik saat pilpres maupun saat sdh ditetapkan sebagai presiden dan wakil presiden," tandasnya.

Baca Juga : Eks Ketua KPK Bicara Jokowi Minta Setop Kasus e-KTP', PSI: Motif Politiknya Terlalu Kental

"Yang pasti, apa pun format yang ditentukan oleh KPU sebagai pelaksana UU, pasangan calon Prabowo-Gibran siap mengikutinya. tidak ada keraguan, apalagi kekhawatiran untuk berdebat dengan dua pasangan calon lainnya," lanjut dia.

Sebagai informasi tambahan, KPU telah menetapkan tanggal debat capres-cawapres Pemilu 2024. Debat akan digelar selama lima kali, dengan rincian dua kali pada Desember 2023, dua kali pada Januari 2024, dan satu kali pada Februari 2024.

Berikut rincian tanggal debat capres-cawapres Pilpres 2024.

▪︎ Selasa, 12 Desember 2023

▪︎ Jumat, 22 Desember 2023

▪︎ Minggu, 7 Januari 2024

▪︎ Minggu, 14 Januari 2024

▪︎ Minggu, 4 Februari 2024.


Topik

Politik Prabowo-Gibran TKN debat capres-cawapres Pemilu 2024


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Yunan Helmy