Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Nomen Fabio Quartararo Sebut Nasi Goreng Makanan Khas Indonesia 

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Yunan Helmy

03 - Dec - 2023, 13:46

Pembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo saat diwawancarai. (Foto: TikTok)
Pembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo saat diwawancarai. (Foto: TikTok)

JATIMTIMES - Belum lama ini beredar video viral di media sosial platform TikTok yang menunjukkan  pembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo smmenyebut nasi goreng makanan khas Indonesia. Video tersebut diunggah oleh akun TikTok @skyegpid. 

Dalam video yang dibagikan, tampak Fabio tengah diwawancarai oleh salah satu pembawa acara sebuah program. Lantas Fabio ditanya oleh pembawa acara soal makanan favorit Fabio di Malaysia. 

“Apa makanan Malaysia favotit kamu?” tanya pembawa acara program. 

Baca Juga : Ironis! Kerja Keras Sampai Tewas Menjadi Budaya Korea Selatan Hingga Sekarang

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, tampak Fabio agak berpikir panjang dan akhirnya meminta saran. Fabio pun mengaku tidak terlalu tahu soal nama makanan. 

"Kamu punya saran nggak?" tanya Fabio kembali.  "Aku gak terlalu tau nama-namanya (makanan Malaysia)," sambung Fabio. 

Lantas pembawa acara menyebut bahwa nasi goreng adalah makanan klasik di Malaysia. Namun saat mendengar hal itu, tiba-tiba Fabio mengatakan  nasi goreng berasal dari Indonesia. 

"Tapi itu (nasi goreng) dari Indonesia kan?" tanya Fabio kepada pembawa acara program. 

"Ya, dan kayaknya dari Malaysia juga," jawab pembawa acara. 

Lantas Fabio pun memutuskan untuk menjawab nasi goreng sebagai makanan kesukaannya jika itu berasal dari Malaysia. Dia mengaku jika satu-satunya menu makanan yang diketahuinya hanyalah mango sticky rice. 

"Saya tidak tahu kalau nasi goreng juga dari Malaysia atau nggak. Saya takut salah. Tapi ya sudah kalau emang nasi goreng dari negara lain," ujar Fabio. 

Lebih lanjut pembawa acara juga menjelaskan soal fans Fabio di dua negara ini, Indonesia dan Malaysia, juga besar. Sehingga pembawa acara menyarankan agar fans tidak ribut soal makanan kesukaan Fabio, gakni nasi goreng dari Malaysia atau Indonesia. 

"Apalagi ketika dua fans (di Indonesia dan Singapura) yang sangat besar dan kamu tidak ingin menyakiti mereka dengan kesalahan soal makanan favorit," jelas pembawa acara. 

Mendengar penjelasan pembawa acara itu pun, Fabio membenarkan dan mengucapkan terima kasih karena telah menjelaskan hal tersebut kepada fans. 

"Maaf Malaysia dan Indonesia," ungkap pembawa acara tersebut. 

Baca Juga : Resmi, Kelurahan Ngaglik Jadi Kelurahan Sadar Kerukunan Umat Beragama

Video itu pun menuai beragan komentar warganet. Banyak netizen yang setuju dengan pernyataan Fabio. 

"Fabio aja tau dari Indonesia," tulis @agsn***. 

"Untung Fabio paham," kata @rizky******. 

"Sebutnya aja nasi goreng (bahasa Indonesia), bukan fried rice," ucap @Z**. 

Sebagai informasi, Fabio pernah viral mengunggah foto dengan keterangan 'ciao nasi goreng' saat meninggalkan Indonesia setelah berlaga di MotoGP Mandalika. Hal ini juga diduga menjadi salah satu alasan mengapa pembawa acara memberikan saran nasi goreng sebagai makanan kesukaan Fabio. 

Usut punya usut, nasi goreng diketahui sudah ada sejak 4.000 tahun sebelum Masehi. Namun ternyata nasi goreng bukan asli Indonesia, melainkan dari suku Tionghoa yang bermigrasi ke Indonesia. Resep nasi goreng dari Yangzhou di Provinsi Jiansu diklaim sebagai yang pertama

Lebih rinci, nasi goreng merupakan makanan tradisional masyarakat Tionghoa berbahan dasar nasi yang sudah dingin. Ini berasal dari kebiasaan masyarakat Tionghoa yang tidak suka mengonsumsi makanan dingin. Sebab itulah, mereka mencoba memasak lagi nasi dingin tersebut dengan aneka bumbu supaya terasa lebih nikmat.

Migrasi masyarakat China-lah yang membuat makanan ini mendunia. Hal tersebut lantas membuat resep dan bumbunya pun disesuaikan dengan selera masyarakat sekitar, termasuk Indonesia.

Nah, dari sinilah, variasi hidangan nasi goreng begitu beragam. Beda kota, pulau, hingga di berbagai negara, rahasia nasi goreng enak tak sama. Terdapat ciri tersendiri pada kreasi dan olahan nasi goreng di tiap daerah.


Topik

Peristiwa Fabio Quartararo pembalap MotoGP nasi goreng Indonesia Malaysia


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Yunan Helmy