Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Viral, Momen Pasukan PBB Indonesia di Lebanon Masih Bercanda Saat Berlindung dari Serangan Roket Israel

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Nurlayla Ratri

03 - Dec - 2023, 11:16

Momen para prajurit PBB Indonesia yang masih bergurau di lorong tempat mengamankan diri dari roket Israel. (Foto: @dokumentasi16)
Momen para prajurit PBB Indonesia yang masih bergurau di lorong tempat mengamankan diri dari roket Israel. (Foto: @dokumentasi16)

JATIMTIMES - Salah satu anggota pasukan PBB Indonesia di Lebanon mengunggah momen detik-detik saat pasukannya berlindung dari serangan roket Israel. Video itu diposting oleh akun TikTok @dokumentasi16. 

Dalam video yang dibagikan terdengar suara sirine, tembakan hingga ledakan. Tampak beberapa prajurit masuk satu persatu ke dalam suatu lorong yang terbuat dari besi. 

Baca Juga : Makin Ramai, Keluhan Warganet Soal Parkir di Kota Malang 

Terlihat juga beberapa prajurit duduk di sepanjang kursi yang sudah tertulis nama masing-masing dengan santai. Meski suasana di luar tampak mencekam, namun para prajurit dalam video terlihat masih bercanda dan saling bergurau. 

Dalam penjelasan video, waktu menunjukkan pukul 03.00 pagi. Sementara para prajurit diduga belum tidur sehingga membuat beberapa lainnya mengenakan kacamata hitam untuk menutupi bengkak pada mata. 

"Kau tengok kakak kau paling ganteng itu, pakai kacamata hitam malam-malam," ucap salah satu prajurit sambil tertawa. 

"Gelap nih, gelap nih," ucap para prajurit lainnya. 

Seragam dan tas para prajurit tertulis Indonesia dan terdapat bendera merah putih. Para prajurit juga tampak mengenakan helm biru bertuliskan UN (United Nation) serta nampak lambang PBB di bagian depan helm. 

"Tempat perlindungan dari serangan roket," tulis keterangan pengunggah. 

Berdasarkan penelusuran JatimTIMES, video yang diunggah oleh @dokumentasi16 itu adalah para pasukan 

PBB Indonesia yang ditugaskan di perbatasan Lebanon-Palestina. Pengunggah yang diduga salah satu anggota pasukan, juga kerap mengunggah momen mengobrol atau memberi sesuatu kepada pengungsi Lebanon. 

Baca Juga : Hamas Bantah Adanya Negosiasi Gencatan Senjata, Mossad Cabut dari Qatar

Video yang diunggah 5 hari lalu atau Selasa (28/11/2023) itu diduga terjadi saat peperangan antara Israel dengan Hizbullah memanas dan saling serang. Hingga Minggu (3/12/2023) siang, video tersebut ditonton sebanyak 8,5 juta kali. 

Diketahui, sejak 8 Oktober yang lalu, pasukan TNI yang tergabung dalam misi perdamaian PBB UNIFIL sudah melaksanakan latihan-latihan tertentu yang gunanya untuk evakuasi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Hal ini sesuai dengan standard operating procedures yang memang sudah ditetapkan dan dilatihkan oleh setiap pasukan penjaga perdamaian PBB dalam melaksanakan misinya.

Markas TNI di Lebanon itu ada beberapa titik. Di antaranya Sudirman Camp yang berlokasi di Green Hill, Naqoura, Lebanon Selatan dan Lebanon. 


Topik

Peristiwa video viral tentara Indonesia pasukan PBB serangan Israel


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Nurlayla Ratri