Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Parkir Liar Makin Marak, Dishub Kota Malang Bikin Wacana Parkir Berlangganan

Penulis : Riski Wijaya - Editor : Dede Nana

02 - Dec - 2023, 17:55

Kepala Dishub Kota Malang Widjaja Saleh Putra.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).
Kepala Dishub Kota Malang Widjaja Saleh Putra.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Permasalahan parkir liar di Kota Malang menjadi pekerjaan rumah hingga saat ini. Bahkan baru-baru ini, parkir liar di Kota Malang semakin diresahkan masyarakat melalui sosial media. 

Menyikapi hal tersebut, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang pun harus memutar otak. Terbaru, Dishub Kota Malang bakal mewacanakan penerapan sistem parkir berlangganan. 

Baca Juga : Pemkot Blitar Maksimalkan Peluang Kerja di Pabrik Rokok Baru demi Kurangi Kemiskinan Ekstrem

Kepala Dishub Kota Malang Widjaja Saleh Putra menyampaikan, jika wacana parkir berlangganan itu nantinya kendaraan akan diberikan stiker hologram. Dalam pembayarannya pun dibayarkan melalui pajak STNK di setiap tahunnya. 

“Wacana ini sempat disampaikan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melalui pertemuan bersama dengan Dishub. Itu disarankan untuk menggunakan parkir langganan. Jadi kendaraan itu memiliki stiker hologram dan dibayarkan setiap tahun melalui pembayaran pajak STNK itu,” ujar pria yang akrab disapa Jaya ini.

Jaya mengatakan, hal tersebut masih belum secara resmi di internal Pemkot Malang. Hanya saja menurutnya, ia sudah melaporkan wacana tersebut kepada Pj Wali Kota Malang. Dirinya menilai bahwa rencana itu setidaknya bisa menjadi salah satu alternatif.

“Rencana ini sudah kami laporkan pada pimpinan, kita nanti mengarah ke sana. Artinya, konsep parkir langganan ini bisa menjadi alternatif pilihan,” imbuh Jaya. 

Mengacu pada data sensus di tahun 2022, ada sebanyak 300 ribu kendaraan roda dua dan 100 ribu kendaraan roda empat ber plat N. Sedangkan, secara nyata di lapangan hampir dua kali lipat yang non plat N di Kota Malang. 

Baca Juga : Pemilu 2024 Kabupaten Blitar, KPU dan Bawaslu Terapkan Pengawasan Ketat dengan Patroli Siber

Sehingga, hal itu secara teknis akan disosialisasikan terlebih dahulu. Apalagi, Kota Malang juga semakin dikenal sebagai salah satu tempat berwisata. Hal itu membuat di momen-momen tertentu, Kota Malang juga dipadati wisatawan

“Inilah yang perlu secara teknis kita sosialisasikan. Kita wacanakan mana yang terbaik. Tetapi kita harus terus memberikan layanan terbaik bagaimana mengatasi terkait masalah parkir,” pungkas Jaya.


Topik

Pemerintahan parkir liar dishub kota malang parkir liar kota malang pakir berlangganan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Riski Wijaya

Editor

Dede Nana