Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Pengacara Firli Sebut Ada Orang Ngaku jadi Kliennya, Pihak SYL Kebingungan: Masak Lawyernya Nggak Tahu

Penulis : Mutmainah J - Editor : Dede Nana

02 - Dec - 2023, 17:35

Firli Bahuri dan SYL. (Foto dari internet)
Firli Bahuri dan SYL. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Pengacara SYL, Djamaluddin Koedoeboen mengaku bingung dengan klaim pengacara Firli Bahuri, Ian Iskandar yang mengatakan barang bukti tangkapan layar (screenshot) percakapan antara Firli dan mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) bukanlah Firli, tapi orang lain.

"Masa lawyernya nggak tahu, ada lah (komunikasi antara Firli dengan SYL)," kata Djamaluddin, Sabtu (2/12/2023).

Baca Juga : Respons Mahfud MD Soal Megawati yang Sebut Penguasa Hari Ini Mirip Orba

Tak hanya bingung, Djamaluddin juga sangat menyayangkan adanya pembelaan yang dilakukan pihak Firli. Dia menilai, apa yang disampaikan soal akun palsu itu adalah kekeliruan.

"Pernyataan itu keliru, karena pertama, apakah mereka pernah membaca BAP Pak SYL? Yang kedua, pernyataan itu muatannya hoax. Dan yang ketiga, jangan karena kami cukup kooperatif lalu kemudian dijadikan alat untuk membela diri," ungkapnya.

"Itu kurang wise, mohon fokus saja untuk membuktikan hal-hal lain yang tengah dihadapi kliennya (Firli)," sambungnya.

Meski begitu, Djamaluddin masih belum membeberkan lebih jauh perihal isi chat yang dimaksud. Adapun chat tersebut, dikatakan telah menjadi salah satu barang bukti penting oleh penyidik. Ia lantas berkelakar mengenai bukti chat itu. Dia menuturkan, bila terungkap, bukti chat itu dapat membuat heboh publik.

"Ntar kalau kami nggak sabar, terus penutup bomnya kebuka bisa meledak se-Republik, kasihan. Pak SYL itu sudah sangat sabar dan punya hati nurani kok, walau uda dizalimi seperti ini tapi beliau masih tetap sabar dan kuat menghadapi semuanya," ujarnya.

Sebelumnya, pengacara Firli Bahuri, Ian Iskandar, berbicara soal barang bukti tangkapan layar (screenshot) percakapan antara Firli dan Syahrul. Dia mengklaim orang yang berkomunikasi dengan Syahrul bukanlah Firli, tapi orang lain.

"Hasil pemeriksaan pada hari ini memang sangat menarik ya," kata Ian Iskandar di kantor Bareskrim Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (1/11) malam.

Baca Juga : Anies Kembali Kritik IKN: Manfaatnya Hanya Dirasakan Aparat Negara

Ian mengatakan barang bukti percakapan itu ditampilkan saat kliennya diperiksa penyidik tadi. Dia mengklaim Syahrul Yasin Limpo telah mengakui salah sangka dengan lawan bicaranya sebagaimana tertera dalam tangkapan layar percakapan teks itu. Syahrul menyangka itu adalah Firli, padahal kata Ian itu bukan Firli.

"Ada satu barang bukti yang diperlihatkan kepada kami berupa screenshot dari percakapan kepada Pak Firli, dari Pak Syahrul Yasin Limpo. Pak Syahrul Yasin Limpo mengakui bahwa yang dia anggap berkomunikasi itu ternyata bukan Pak Firli, jadi orang lain yang mengaku Pak Firli," kata Ian.

Hal itu, menurutnya, adalah bukti bahwa kliennya tidak bersalah. Dia merasa nama Firli Bahuri telah dicatut orang lain yang bercakap-cakap dengan Syahrul.

"Bahwa seolah-olah ada komunikasi intens antara Pak Syahrul Yasin Limpo dan orang yang mengaku mencatut nama Pak Firli, dan itu diakui oleh Pak Syahrul Yasin Limpo, dan sudah menjadi barang bukti yang disita oleh penyidik," kata Ian.


Topik

Peristiwa firli bahuri syahrul yasin limpo pengacara firli


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Dede Nana