Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Memasuki Masa Kampanye, TKN Ungkap Pesan Prabowo-Girbran: Harus Berikan Asas Manfaat Pada Rakyat

Penulis : Mutmainah J - Editor : A Yahya

02 - Dec - 2023, 13:48

Prabowo dan Gibran. (Foto dari internet)
Prabowo dan Gibran. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Memasuki hari ke-5 masa kampanye, Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Rosan Perkasa Roeslani mengungkapkan arahan capres dan cawapres dari Koalisi Indonesia Maju (KIM). 

Rosan mengatakan, keduanya meminta untuk tidak menjelek-jelekkan pasangan calon (paslon) lain dan menjalankan pesta demokrasi dengan riang gembira.

Baca Juga : Kabag Kesra dan Camat Sukorambi Hadiri Acara Salawat Padang Bulan, Ini Yang Disampaikan

Adapun hal itu disampaikan Prabowo dan Gibran saat menghadiri acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) TKN-TKD yang digelar secara tertutup di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (1/12).

"Pesan dari Pak Prabowo dan Mas Gibran sudah disampaikan, intinya tadi, jadi yang disampaikan bahwa kita harus menjalankan pesta demokrasi ini dengan santun baik. Tidak boleh menjelek-jelekkan paslon lain, bermartabat, dan dibawa dengan riang gembira. Karena ini pesta demokrasi," ujar Rosan dalam keterangan tertulis, Sabtu (2/12/2023).

Rosan menjelaskan arahan Prabowo dan Gibran tersebut sekaligus menjadi edukasi politik bagi mereka. Ia juga mengatakam seluruh tim kampanye di level nasional dan daerah harus menerapkan arahan itu dengan baik.

Ia pun menyebut aturan yang sudah ada dari KPU dan Bawaslu juga harus ditaati. "Yang paling penting kampanye ini harus memberikan asas manfaat juga, kepada seluruh rakyat Indonesia," kata Rosan.

Lebih lanjut Rosan mengatakan Prabowo dan Gibran juga akan melakukan kampanye akhir pekan ini. Di antaranya Prabowo akan ke tiga titik di Tasikmalaya, sementara Gibran akan menghadiri final Piala Dunia U-17 di Surakarta. "Sehingga Mas Gibran banyak tamu yang datang ke sana, ada Presiden FIFA, menteri juga, sehingga beliau besok hanya berada di Solo," katanya.

"Kemudian Minggu Pak Prabowo akan ke Banten, termasuk untuk ziarah ke alim ulama, dan juga menemui kiai, dan bertemu dengan masyarakat. Itu rencananya dua hari lagi di Banten," pungkas Rosan.

Diketahui, berdasarkan PKPU No.15 Tahun 2023, jadwal kampanye Pemilu 2024 dilaksanakan mulai tanggal 28 November 2023 sampai 10 Februari 2024. KPU juga mengatur jadwal kampanye Pilpres jika terjadi putaran kedua, pada 2-22 Juni 2024.

Berikut jadwal lengkap kampanye Pemilu 2024:

• 28 November 2023-10 Februari 2024

Pertemuan terbatas, pertemuan tatap muka, penyebaran bahan kampanye kepada umum, pemasangan alat peraga kampanye di tempat umum, debat pasangan calon presiden dan wakil presiden, dan media sosial

• 21 Januari-10 Februari 2024

Kampanye rapat umum, iklan media massa cetak media massa elektronik, dan media daring

• 11-13 Februari 2024

Masa tenang

• 14 Februari 2024

Pemungutan suara serentak Pemilu

• 2-22 Juni 2024

Kampanye tambahan jika terjadi Pilpres putaran kedua

• 23-25 Juni 2024

Masa tenang.

Materi Kampanye Pemilu 2024

Dalam Pasal 22 PKPU No. 15 Tahun 2023 disebutkan, materi kampanye Pemilu 2024 meliputi:

• Visi, misi, dan program pasangan calon untuk Kampanye Pemilu presiden dan wakil presiden;

Baca Juga : Pemilu 2024 Kabupaten Blitar, KPU dan Bawaslu Terapkan Pengawasan Ketat dengan Patroli Siber

• Visi, misi, dan program partai politik untuk partai politik Peserta Pemilu yang dilaksanakan oleh calon anggota DPR, anggota DPRD provinsi, dan anggota DPRD kabupaten/kota; dan

• Vsi, misi, dan program yang bersangkutan untuk kampanye Pemilu perseorangan yang dilaksanakan oleh calon anggota DPD.


Topik

Peristiwa prabowo-gibran kampanye pilpres 2024 rosan perkasa roeslani


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

A Yahya