Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Longsor Landa 2 Desa di Kota Batu, Pipa Hippam Terputus Ratusan Warga Terdampak

Penulis : Irsya Richa - Editor : Dede Nana

01 - Dec - 2023, 20:16

Kondisi longsor di Desa Bumiaji Kecamatan Bumiaji, Jumat (1/12/2023). (Foto: Istimewa)
Kondisi longsor di Desa Bumiaji Kecamatan Bumiaji, Jumat (1/12/2023). (Foto: Istimewa)

JATIMTIMES - Hujan deras yang melanda Kota Batu kurang lebih selama 3 jam membuat bencana tanah longsor di sejumlah titik. Ada dua titik yang dilanda tanah longsor yakni di kawasan Kecamatan Batu dan Kecamatan Bumiaji, Jumat (1/12/2023).

“Hujan cukup deras selama beberapa jam membuat tanah longsor di beberapa titik,” ucap Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, Agung Sedayu.

Baca Juga : Banjir Rendam 3 Rumah, 1 Sekolah, dan Lahan Pertanian di Kota Batu

Satu kejadian berada di Desa Sumberejo, Kecamatan Batu. Dan satu kejadian berada di Desa Bumiaji Kecamatan Bumiaji. Rinciannya, tanah longsor melanda jalan Indragiri, Dusun Sumbersari, Desa Sumberejo Kecamatan Batu. Longsor terjadi selain karena hujan intensitas tinggi, juga tidak adanya jalur aliran pembuangan air. Sehingga menyebabkan terjadinya tanah longsor. Saat longsor, material tanah menutup aliran drainase dan separuh jalan Indragiri Desa Sumberejo. Material longsor sepanjang 3 meter, dengan dimensi plengsengan non teknis longsor mencapai panjang 6 meter, tinggi 4 meter dan lebar 50 centimeter.

“Petugas langsung melakukan pembersihan dan penyemprotan material tanah longsor, agar aktivitas lalu lintas lancar dan aman,” imbuh Agung.

Kemudian longsor terjadi di Jalan Matasim Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji. Penyebabnya karena tidak adanya jalur khusus aliran pembuangan air sanitasi menyebabkan terjadinya tanah longsor. Ditambah kondisi tanah masih labil dan belum padat karena lahan urukan. Alhasil longsor mengakibatkan pipa hippam dua desa terputus, yakni Desa Bumiaji dan Desa Bulukerto.

Baca Juga : Berada di Urutan 9 se-Jatim, Berikut UMK Kota Batu Tahun 2024

Kerusakan pipa hippam di Desa Bumiaji dan Desa Bulukerto sepanjang 96 meter terputus. Di mana pipa tersebut melayani kurang lebih 165 konsumen dan Desa Bulukerto melayani kurang lebih 680 konsumen.


Topik

Peristiwa longsor kota batu pipa hippam terputus bpbd kota batu


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Dede Nana