Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Tiba di Dubai, Jokowi Hadiri KTT Iklim COP28, Bawa Materi National Statement

Penulis : Mutmainah J - Editor : Yunan Helmy

01 - Dec - 2023, 12:56

Presiden Indonesia Joko Widodo (foto dari internet)
Presiden Indonesia Joko Widodo (foto dari internet)

JATIMTIMES - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah tiba di Dubai, Uni Emirat Arab. Dalam kunjungannya, Presiden Jokowi akan menghadiri KTT Iklim COP28 dan menyampaikan national statement.

Konferensi para pihak konvensi kerangka kerja PBB tentang perubahan iklim (Conference of the Parties 28, COP-28) digelar di Dubai Expo pada 30 November-12 Desember 2023.

Baca Juga : Istana Buka Suara Terkait Pernyataan Mantan Ketua KPK soal 'Jokowi Minta Setop Kasus e-KTP'

Kedatangan Presiden Jokowi di Dubai disambut oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya pada Jumat (1/12/2023) waktu Dubai.

"Presiden sudah tiba di Dubai dan tadi malam diskusi briefing bersama mensesneg, menkomarves, menteri LHK, wamenlu, fubes RI untuk UEA," kata Siti Nurbaya kepada wartawan di Dubai, Jumat (1/12/2023).

Para menteri melaporkan seputar persiapan rangkaian kegiatan COP28. Juga terkait perkembangan isu terakhir seputar kerja kerja iklim.

"Dibahas tentang laporan wamenlu untuk rencana agenda untuk hari ini tanggal 30 November, menyangkut tata cara keprotokolan diterima kepala negara penyelenggara dan agenda-agenda pertemuan sehari ini serta ancer-ancer substansinya," kata Siti Nurbaya.

Salah satu dari banyaknya acara yang akan dihadiri oleh Presiden Jokowi adalah summit COP28 UNFCCC. Selain itu, presiden akan menyampaikan national statement.

Baca Juga : UIN Malang Raih Anugerah UI Greenmetric Kategori Most Sustainability Improved University in Indonesia tahun 2023 

"Juga pembicara tentang transforming food system dalam menghadapi tantangan perubahan iklim dan beberapa meeting multilateral seperti G77 dan dengan PM Norwegia," kata Siti Nurbaya.

Dalam diskusi juga dibahas hal-hal yang substansial  dalam kaitan implementasinya berkenaan dengan agenda-agenda kerja sama. Beberapa arahan kebijakan operasional diarahkan Presiden Jokowi kepada menko, menteri, dan mensesneg untuk koordinasi kebijakan dalan implementasinya dalam arti agenda-agenda yang sudah harus ditindaklanjuti operasional pada tingkat kabinet.


Topik

Pemerintahan Presiden Joko Widodo Jokowi perubahan iklim iklim Indonesia


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Yunan Helmy