Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik

Profil Kodrat Shah, Paman Raline Shah Sekjen DPP Partai Hanura yang Meninggal Dunia 

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Nurlayla Ratri

01 - Dec - 2023, 09:13

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Hanura Kodrat Shah. (Foto: Instagram Musa Rajeksah)
Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Hanura Kodrat Shah. (Foto: Instagram Musa Rajeksah)

JATIMTIMES - Kabar duka datang dari dunia perpolitikan Indonesia. Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Hanura Kodrat Shah dikabarkan meninggal dunia pada Kamis (30/11/2023). 

Kabar meninggalnya Kodrat Shah masih menjadi trending dalam penelusuran Google hingga Jumat (1/12/2023) pagi. Banyak warganet yang mencari tahu tentang sosok Kodrat Shah. 

Baca Juga : Heboh FX Rudy Singgung Rumah Tangga Jokowi-Iriani hingga Viral di X 

Kabar meninggalnya Kodrat Shah disampaikan oleh mantan Wakil Gubernur Sumut Musa Rajeksah lewat akun pribadinya di Instagram.

"Innalillahi wa inna ilaihi raaji'un. Allahumma firlahu warhamhu wa'afihi wa'fuanhu. Telah berpulang ke Rahmatullah orang tua kami, paman kami Kodrat Shah bin H. Gulrang Shah hari ini," tulis Musa Rajeksah, pada Kamis (30/11/2023) sekira pukul 18.00. 

Musa Rajeksah, sebagai keponakan Kodrat Shah juga meminta maaf jika pamannya itu punya kesalahah. 

"Insya Allah Almarhum akan disemayamkan di Komplek Cemara Asri, Jalan Tulip, No 27. Saya beserta keluarga memohon doa untuk kepergian almarhum, dan juga memohon apabila almarhum memiliki kesalahan maupun kekhilafan agar sekiranya dimaafkan dengan ikhlas. Insya Allah almarhum husnul khatimah, diberikan tempat yang terbaik di surganya Allah SWT. Aamiin yaa rabbal ‘aalamiin. Yaa ayyatuhan nafsul muthmainnah, irji'i ilaa rabbiki raa dhiyatam mardhiyyah, fadkhuli fii ‘ibadi wadkhuli janaati," tulisnya. 

Kodrat telah lama berkiprah di dunia politik. Sebelum menjabat sebagai Sekjen DPP Hanura, ia sempat mencalonkan diri sebagai calon legislatif (caleg) pada 2029. Berikut ini profil Kodrat Shah, dikutip Wikipedia:

• Nama Lengkap: Kodrat Shah

• Tempat/Tanggal Lahir: Simalungun, Sumatera Utara, 2 November 1961

• Meninggal: Jakarta, 30 November 2023

• Almamater: Universitas Sumatera Utara

• Jabatan terakhir: Sekretaris Jenderal DPP Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) periode 2021-2024

Pria yang meninggal dunia saat berusia 62 tahun tersebut merupakan seorang politikus asal Sumatera Utara. Kodrat merupakan putra dari pasangan Gulrang Shah dan Syarifah.

Baca Juga : KPU Tetapkan Masa Kampanye Selama 75 Hari

Nama Kodrat dikenal lewat kontribusinya sebagai Sekjen DPP Partai Hanura. Kodrat juga dikenal karena memiliki 16 saudara yang menjadi pengusaha di Sumutara Utara. 

Salah satu saudara Kodrat, ada Rahmat Shah, yang juga sukses sebagai pengusaha, filantropis, hingga politisi. Ia merupakan anggota DPD RI Sumut sekaligus ayah dari aktris papan atas Indonesia, Raline Shah.

Pada 2004, Kodrat menikah dengan Karmila Iskandar. Dari pernikahan keduanya, mereka memiliki 3 orang anak.

Sebelum mengemban sebagai Sekjen DPP Partai Hanura, Kodrat Shah ini pernah menjabat sebagai Ketua DPD Partai Hanura Sumut. Posisi itu ia dapatkan atas rekomendasi dari Ketua Umum DPP Partai Hanura kala itu, Oesman Sapta Odang (OSO).

Pada Pemilu 2019, ia pernah mencalonkan diri sebagai caleg DPR RI Partai Hanura untuk daerah pemilihan Sumut 1. Hanya saja, dirinya tak terpilih waktu itu.

Meskipun gagal maju sebagai anggota legislatif, Kodrat Shah dipercaya oleh Oesman Sapta Odang untuk menjadi Sekjen DPP Partai Hanura periode 2021-2024.

Penunjukannya itu berdasarkan Surat Keputusan DPP Partai Hati Nurani Rakyat no. 202/B.2/DPP-HANURA/X/2021, tanggal 1 November 2021. Dirinya menggantikan posisi Gede Pasek Suardika yang mengundurkan diri.

Selain menjabat di Hanura, Kodrat Shah juga merupakan Ketua Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) Pemuda Pancasila Provinsi Sumatera Utara periode 2022-2027.

Tak hanya di dunia politik, Kodrat Shah juga turut andil dalam dunia persepakbolaan, khususnya di wilayah Sumut. Pada 2022, namanya tercatat sebagai Ketua Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI untuk periode 2022-2026.


Topik

Politik Kodrat Shah Raline Shah Hanura meninggal


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Nurlayla Ratri