Selamat Datang Android 9 Pie. Diklaim Lebih Pintar, Benarkah?

(foto via Android Central)
(foto via Android Central)

MALANGTIMES - Android membuktikan diri mampu bersaing menjadi 'raja' teknologi. Tak mau kalah dari sistem operasi iOS, Android meluncurkan generasi teranyar yang mereka beri nama Android 9 Pie. Diluncurkan secara resmi pada Senin (6/8/2018) kemarin, Android 9 Pie diklaim lebih pintar dan sederhana. 

Dikutip dari The Verge, fitur utama yang dimiliki Android 9 Pie adalah sistem navigasi berbasis gerakan baru dan peningkatan AI (artificial intelligence atau kecerdasan buatan di komputer) lainnya yang disempurnakan ke UI (user interface atau desain antarmuka pengguna).

Nah, fitur ini mampu menerima banyak perbaikan pada tampilan keseluruhan. Fitur yang tidak canggih adalah fitur dashboard. Fitur ini memungkinkan pengguna mengetahui berapa lama waktu yang dihabiskan untuk bermain ponsel pintar. 

Selain dua fitur di atas, Android 9 Pie juga memiliki beberapa fitur lain. Fitur itu adalah timer. Dari namanya fitur ini tentu saja berhubungan dengan waktu. Timer di Android 9 Pie dapat menetapkan batas waktu penggunaan aplikasi ponsel pintar. Pengguna dapat mengatur waktu yang akan dihabiskan untuk membuka masing-masing aplikasi di ponsel. 

Menariknya, Android 9 Pie memiliki fitur antarmuka gestur yang agak mirip dengan punya iPhoneX. Fitur ini tidak lagi membuat pengguna menekan tombol home. Dengan sistem gestur anyar, pengguna Android cukup menggeser layar ke atas dari bawah layar. Nah, pada Android 9 Pie juga ditetapkan kebijakan privasi baru. Yakni pembatasan akses ke mikrofon, kamera, dan semua sensor. Artinya, aplikasi bila beralih ke background akan kehilangan akses. 

Android 9 Pie sayangnya masih dibatasi untuk beberapa ponsel. Dari informasi Tech Radar, Android 9 Pie baru bisa dinikmati pengguna beberapa smartphone besutan Google yakni Pixel, Pixel XL, Pixel 2, Pixel 2 XL, Pixel 3, dan Pixel 3 XL.

Untuk smartphone lain dipastikan seri Android One. Selain itu, ponsel jenis lain yang bisa menikmati Android 9 Pie adalah OnePlus 6, Sony Xperia XZ2, Nokia 7 Plus, Oppo R15 Pro, Vivo X21, Vivo X21UD, dan Xiaomi Mi Max 2s. (*)

Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Malang TIMES (JatimTimesNetwork)

Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top