Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Serba Serbi

Peringkat Ke-79, Laporan EF Sebut Kecakapan Bahasa Inggris Warga +62 Masih Rendah

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Yunan Helmy

28 - Nov - 2023, 13:53

Ilustrasi (pixabay)
Ilustrasi (pixabay)

JATIMTIMES - Kemampuan berbahasa inggris warga Indonesia masih tergolong rendah jika dibandingkan dengan negara lainnya. Hal ini diketahui dari laporan English First (EF) 2023 dalam laman resminya.

Dari English Proficiency Index (EPI) atau skor Indeks Kecakapan Bahasa Inggris yang dirilis EF dalam laman resminya, Indonesia meraih skor 473 poin. Ini menempatkan Indonesia berada di peringkat yang cukup  jauh secara global.

Baca Juga : Viral, Dewi Bulan Tantang Allah Hancurkan Hidupnya dan Hina Nabi Muhammad

"Peringkat 79 dari 113 negara. Posisi di Asia 13 dari 23," kutip dari laman resminya.

Meski masih dengan EPI rendah, skor Indonesia mengalami peningkatan setiap tahunnya. Dari skor 473 ini, ada peningkatan dibandingkan dengan tahun 2022. Terdapat peningkatan 0,85 persen atau sebesar 4 poin. Pada tahun 2022 skor Indeks Kecakapan Bahasa Inggris hanya 469.

Skor Indeks Kecakapan Bahasa Inggris pada tahun 2022 juga mengalami peningkatan dibandingkan dengan skor Indeks Kecakapan Bahasa Inggris pada tahun 2021. Ada peningkatan sebesar 0,64 persen persen atau meningkat sebesar 3 poin.

Sementara pada tahun 2021, skor Indeks Kecakapan Bahasa Inggris sebesar 466 poin. Skor Indeks Kecakapan Bahasa Inggris ditahun 2021 ini juga lebih besar dibandingkan dengan skor Indeks Kecakapan Bahasa Inggris pada tahun 2020. Saat itu, skor Indeks Kecakapan Bahasa Inggris tercatat sebesar 453 poin.  

Peningkatan dari tahun 2020 ke tahun 2021 menjadi peningkatan yang paling besar dalam kurun waktu 4 tahun. Hal itu juga terlihat dari grafik yang tersaji dalam laman EF.

Baca Juga : Unik Banget! Makanan Khas Temanggung Jawa Tengah ini Bernama 'Bajingan' 

“Sepanjang 4 tahun terakhir, kenaikan skor EPI paling tinggi terjadi pada 2021, yakni 13 poin atau 2,87 persen,” kutip dalam laman data Indonesia

Secara skor geografis, skor Indeks Kecakapan Bahasa Inggris yang paling tinggi adalah Pulau Jawa dengan skor 498 poin. Disusul Pulau Sumatera dengan skor 459 poin dan NTT 456 poin.

Dari sisi kota, kota dengan skor Indeks Kecakapan Bahasa Inggris paling tinggi adalah Jakarta dengan skor 531 poin. Disusul Surabaya dengan skor 519 poin, Bandung dengan skor 511 poin, dan Malang menjadi kota ke-empat dengan skor 506 poin.


Topik

Serba Serbi Kecakapan bahasa Inggris Indonesia EF English First


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Yunan Helmy