Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Desa Sumber Suko Bondowoso Menuju 10 Besar Lomba Inovasi Desa Cinta Statistik

Penulis : Abror Rosi - Editor : Nurlayla Ratri

28 - Nov - 2023, 12:24

Plt Sekda Kabupaten Bondowoso Haeriyah Yuliati (Foto: Abror Rosi/JatimTimes)
Plt Sekda Kabupaten Bondowoso Haeriyah Yuliati (Foto: Abror Rosi/JatimTimes)

JATIMTIMES - Desa Sumber Suko, Curahdami, Bondowoso, bakal menjadi percontohan atau objek replikasi bagi desa lain. Itu karena Desa Sumber Suko menjadi satu-satunya desa di Kota Tape yang berkompetisi dalam perhelatan Nasional memperebutkan penghargaan juara Inovasi Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) dari Badan Pusat Statistik (BPS) RI.

Saat ini, Desa Sumber Suko menuju 10 besar Nasional. Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Bondowoso, Haeriah Yuliati memberikan apresiasi kepada Desa Sumber Suko dalam upaya mengukir prestasi di kancah Nasional.

Baca Juga : Tahanan Israel Kirim Surat pada Pejuang Hamas: Terima Kasih atas Kemanusiaan yang Luar Biasa

"Tentunya kita (Pemkab) Optimis, Desa Sumber Suko bisa masuk 10 bahkan 3 besar," ungkapnya, Senin (27/11/2023) malam.

Kemudian, Pj Sekda mengakui jika pada saat tim dari pusat memberikan penilaian di Desa Sumber Suko dirinya hadir untuk menyaksikan bagaimana keadaan yang sebenarnya. Dari hal itu, Haeriah berharap agar nantinya Desa Sumber Suko masuk dalam 10 besar.

Informasi yang didapat, Desa Sumber Suko pada saat penilaian oleh tim juri mendapat nilai yang sangat tinggi. Desa yang nantinya meraih juara, atau masuk 10 besar, tambah Haeriah, akan menjadi pusat sumber data yang valid.

"Sebetulnya, apabila Desa Sumber Suko ini berhasil, tidak menutup kemungkinan bakal menjadi rujukan bagi desa-desa di kabupaten lain," ujarnya.

Di samping itu, Pemkab Bondowoso nantinya bakal tetap mereplikasi Desa Cantik ke desa-desa lain yang ada di Kabupaten Bondowoso.

Baca Juga : Besaran APBD Capai Rp 4,7 Triliun, Pemkab Malang Optimalkan Capaian Pajak Daerah

"Kita berencana mereplikasi program Desa Cantik ini untuk desa-desa yang lain. Jadi kita akan tetap bekerja sama dengan pihak BPS untuk satu datanya," tuturnya.

Satu Data itu nantinya menjadi sumber data di desa. Baik mencakup data kemiskinan dan data-data yang lain. Oleh karena itu, Pemkab bakal terus bekerja sama dengan pihak BPS.


Topik

Pemerintahan Desa Sumber Suko Curahdami Bondowoso Desa Cantik BPS


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Abror Rosi

Editor

Nurlayla Ratri