Kamu Jomblo, Hati-Hati Kena Sanksi di Sini!

Jomblo usia 30 di sini dihukum bersihkan balkot. (Ist)
Jomblo usia 30 di sini dihukum bersihkan balkot. (Ist)

MALANGTIMES - Hati-hati kalau kamu masih saja menjomblo sampai usia 30 tahun di sini. Pasalnya,  dengan status jomblo tersebut,  maka kamu akan dikenakan sanksi. 

Bukan sanksi kurungan penjara,  tapi negara di sini akan memberlakukan kepada siapa pun jomblo berusia 30 tahun untuk menyapu tangga balai kota (balkot). Pas saat sang jomblo berulang tahun. 

Bukan hanya disanksi untuk menyapu tangga balkot saja. Si jomblo diwajibkan memakai busana perempuan juga. Bisa anda bayangkan? Sudah disuruh nyapu,  pakai pakaian wanita pula plus dikerjai habis-habisan oleh teman-temannya atau pun warga di sana. 

Si jomblo akan dikerjai oleh mereka dengan mengotori tangga balkot yang sudah disapu secara terus-menerus. Sudah bisa dibayangkan bagaimana rasa malu dan capeknya jadi jomblo di negara Jerman ini. 

Hal tersebut, seperti dilansir oleh media The Telegraph sebuah nedia dengan jaringan terluas di Britania Raya. Artinya,  ini bukan guyonan lo. Walaupun status jomblo memang kerap jadi bahan guyonan. Seperti yang dilontarkan akun Ridwan Kamil atau Kang Emil, melalui akun medsosnya.  "Di Jerman, ada sebuah tradisi yang mengharuskan seseorang yang jomblo menyapu tangga di balai kota saat berulang tahun." Postingan Kang Emil itu masih ditambahi caption, "Setuju gak wahai warga Bandung? Solusi untuk Adipura".

Karuan saja postingan tersebut,  langsung ramai respon warganet. Seperti akun eliarhp yang menulis, "Udh jomblo disuruh jadi babu lagi @bungardiana". Atau tulis ghelestiar yang merespon seperti ini, "SIAP BESOK AKU LAMARAN OKE!! @marlianandda". 

Nah,  ternyata berita The Telegraph yang dilansir infia fact juga menyulut berbagai komentar. Tercatat ada 23.668 yang menyukai artikel tersebut. Sedangkan yang berkomentar ada sekitar 987 suara sejak artikel itu dilansir sekitar 7 jam-an. Hampir 90 persen respon warganet bersifat guyonan dengan tradisi jomblo di Jerman tersebut. 

Misalnya, akun rinrintriutami :"Untung kita ga disana ya bro... Bisa gaswatt... ". Akun ai_cuu pun merespon sama,  "Untung gak tinggal di Jerman... Mel siap2 lu kalo ke jerman, ". Pramudyadwiputri.r menulis juga,  "kita kalo disana bahaya wkwkwk, ". Guyon lainnya terlontar dari akun ekinakhsa, "Mblo... Untung awkmu gak urip nang jerman, ". 

Status jomblo memang kerap jadi bahan guyonan kalau tidak menjadi bully. Tapi, dari analisis Badan Pusat Statistik (BPS) 2017 mengenai angka kebahagian di Indonesia dengan penambahan dimensi perasaan (Affect) dan dimensi makna hidup (Eudamonia). Dihasilkan warga negara yang statusnya lajang atau jomblo memiliki skor kebahagiaan tertinggi yaitu sebesar 71.53. Sedang warga yang sudah menikah sebesar 71.09. Untuk status janda atau duda yang ditinggal mati nilainya 68.37. Nilai terendah adalah mereka yang bercerai dengan nilai 67.83.

Nah,  bagi Anda yang masih jomblo masih bisa tersenyum dengan data BPS tersebut. Terpenting Anda jangan sampai pindah kewarganegaraan dari Indonesia ke Jerman. Soalnya, dipastikan jomblo usia 30 tahun pasti akan kena sanksi. (*)

Editor : Yunan Helmy
Publisher : Raafi Prapandha

Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top