Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Olahraga

Jeka Saragih hanya Butuh Satu Menit untuk Menang pada Debutnya di UFC

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : A Yahya

19 - Nov - 2023, 08:44

Momen Jeka Saragih membawa penutup kepala khas Simalungun dan mengalungkan bendera Indonesia di badannya saat dinyatakan menang di ajang UFC. (Foto: X /@ufc)
Momen Jeka Saragih membawa penutup kepala khas Simalungun dan mengalungkan bendera Indonesia di badannya saat dinyatakan menang di ajang UFC. (Foto: X /@ufc)

JATIMTIMES - Jeka Saragih berhasil menang KO atas Lucas Alexander pada debutnya di UFC, Minggu (19/11/2023) dini hari WIB. Petarung asal Simalungun, Sumut hanya membutuhkan waktu sekitar 1 menit 30 detik untuk menang dalam duel UFC Fight Night 232 di UFC Apex, Las Vegas. 

Usai menang, nama Jeka Saragih pun trending di media sosial X. Sebanyak 1,9 ribu unggahan membicarakan atlet Indonesia yang mencetak rekor Indonesia

Baca Juga : Ini Cara Pengurus Anggar Banyuwangi Tambah Pengalaman Tanding Atlet

Dalam video yang dibagikan akun X @ufc, Jeka tampak tampil dengan percaya diri melawan Alexander. Terlihat Jeka masuk octagon dengan mengenakan penutup kepala khas Simalungun dan mengalungkan bendera Indonesia di badannya. 

Saat duel dimulai, terlihat Jeka memberikan striking pertama. Satu menit berjalan, Alexander mencoba merobohkan Jeka namun gagal dan akhirnya dirinya sendiri yang roboh hingga membuat Jeka berkesempatan menghabisi Alexander. 

Awalnya Jeka memberi kesempatan Alexander untuk berdiri, namun Jeka bertubi-tubi melepaskan pukulan keras ke wajah Alexander hingga terjatuh. 

Alexander pun tumbang dan menyandar octagon. Jeka langsung memberinya beberapa pukulan lagi, sebelum hakim menghentikan pertarungan.

Jeka Saragih dinyatakan menang KO atas Lucas Alexander saat duel baru berjalan 1 menit 30 detik. Jeka membuat sejarah sebagai orang Indonesia pertama yang menang di pentas UFC. 

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, petarung MMA Jeka Saragih resmi dikontrak oleh UFC, meski kalah dari Anshul Jubli dalam laga final Road to UFC 2022.

Seperti diketahui, UFC (Ultimate Fighting Championship) adalah ajang tarung MMA (Mixed Martial Arts / pertarungan beladiri campuran) terbesar dan bergengsi di dunia. 

Kabar resminya Jeka Saragih dikontrak oleh UFC diunggah melalui akun Instagramnya bersama Mola Sport, pada Kamis (9/2/2023).

"Indonesia, kita memiliki petarung pertama yang resmi dikontrak UFC," tulis keterangan dalam unggahan itu. 

Dalam video unggahan itu nampak Jeka Saragih menandatangani kontrak resmi dari UFC. 

Baca Juga : Warganet Ributkan Hasil Akhir Laga Tinju Jefri Nichol vs El Rumi

"Jeka Saragih, bersama dengan manajer Graham Boylan, telah menandatangani kontrak lima pertarungan bersama UFC. Ini menjadikan Jeka sebagai petarung Indonesia pertama di UFC," lanjutan keterangan tulisan pada akun tersebut. 

Sebelumnya, Jeka Saragah memiliki rekor kemenangan di dunia MMA profesional sebanyak 13-3. Di Road to UFC, Jeka dua kali menang via KO (Knock-Out) dan sekali kalah melalui TKO (Technical Knockout). 

"Meski kalah di final #roadtoufc, UFC masih menawarinya kontrak berdasarkan penampilannya di babak sebelumnya. Dia sekarang akan tinggal dan berlatih di AS untuk mempersiapkan debutnya," lanjut keterangan tulisan tersebut. 

Sebagai tambahan informasi, pria kelahiran 1 Januari 1995 itu awalnya adalah atlet wushu dan pernah mewakili Indonesia dalam kejuaraan wushu di Filipina. 

Meski magang sebagai galangan kapal di Batam, Ia tetap melatih kemampuan bela dirinya. Saat SMP, Jeka mengaku terpaksa belajar bela diri karena kerap dibully teman-temannya. 

Nama Jeka semakin mencuat usai menjadi juara kelas ringan 70 kg di MMA One Pride 2017. Dia juga berhasil mempertahankan gelarnya sebanyak empat kali, sebelum kalah pada Februari 2020 dari Angga Hans. 

Kini nama Jeka Saragih semakin membanggakan, lantaran menjadi petarung pertama dari Indonesia yang berkesempatan mendapat kontrak UFC sebanyak 5 kali pertarungan. 

"Untuk masyarakat Indonesia, khususnya Sumatera Utara, Kabupaten Simalungun, mohon doa dan dukungannya di pertandingan di UFC. Horas!," ungkap Jeka menutup video unggahannya. 


Topik

Olahraga Jeka Saragih ufc


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

A Yahya