Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Tebar Manfaat, BPJS Ketenagakerjaan Jamin Keselamatan Atlet Bakat Minat di Tulungagung

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Dede Nana

13 - Nov - 2023, 13:36

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Tulungagung jenguk atlet minat bakat yang mengalami cedera
Kepala BPJS Ketenagakerjaan Tulungagung jenguk atlet minat bakat yang mengalami cedera

JATIMTIMES - Program BPJS Ketenagakerjaan semakin dirasakan manfaatnya oleh kaum pekerja di seluruh wilayah Indonesia. 

Terkini di Jawa Timur, BPJS Ketenagakerjaan Tulungagung memberikan perlindungan jaminan sosial di bidang BPU (bukan penerima upah) terhadap salah satu atlet bakat minat yang mengalami kecelakaan pada saat bertanding.

Baca Juga : Penerima Hadiah Utama Umrah Segara Ngliyep - Balekambang: Saya Hadiahkan Untuk Ibu

Atlet bakat minat yang mengalami kecelakaan kerja itu bernama Fernando Ivader Levrast Saptanto. 

Ia mengalami kecelakaan pada saat bertanding yang mengakibatkan adanya patah tulang. Fernando yang masih duduk di bangku SMP, langsung di bawa ke RSUD Iskak yang sudah menjadi PLKK BPjamsostek.

Dalam kunjungannya Kepala BPJS Ketenagakerjaan Tulungagung Bisri Yusmadi menyampaikan bahwa atlet adalah salah satu profesi yang memiliki risiko tinggi, karena adanya persaingan ketat untuk menjadi juara. 

Ia pun menegaskan, perlindungan atlet dengan BPJS Ketenagakerjaan bukan hal yang baru, namun sudah menjadi kebutuhan bahwa seluruh atlet apapun itu cabang olahraganya dapat diikutkan menjadi peserta BPJamsostek di segmen BPU.

“Khusus untuk atlet yang dapat diikutsertakan BPjamsostek tidak hanya yang sudah profesional saja melainkan atlet yang menggandeng kerjasama dengan dinas pendidikan, dinas olahraga ataupun oleh sponsor lainnya juga dapat diikutkan menjadi peserta BPJamsostek,” jelas Bisri.

Bisri menambahkan, cukup dengan iuran Rp. 16.800 per bulan, atlet sudah mendapatkan perlindungan JKK dan JKM, yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian. 

Manfaat yang diterima jika atlet mengalami kecelakaan saat bertanding yaitu perawatan di PLKK (Pusat Layananan Kecelakaan Kerja) sampai sembuh. Dan jika atlet meninggal dunia karena kecelakaan kerja saat bertanding, maka ahli waris berhak mendapatkan santunan JKK sebesar 48 kali upah terakhir yang dilaporkan.

Baca Juga : Viral Video Ibu Jablai Dasteran Memasukkan Duda Sarungan Digrebek Warga Tulungagung

“Namun apabila meninggal dunia bukan karena kecelakaan kerja maka santunan yang akan diterima sebesar Rp 42 juta. Selain itu 2 orang anak dari atlet juga akan mendapatkan beasiswa dari jenjang pendidikan dasar hingga perguruan tinggi maksimal sebesar Rp1Jutjuta,” jelasnya.

Di tempat berbeda, Hendra Elvian selaku Kepala BPJS Ketenagakerjaan Blitar mengatakan, seluruh atlet minat bakat penting untuk didaftarkan sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. 

Hendra juga menegaskan, perlindungan terhadap atlet bakat minat di Tulungagung jadi bukti bahwa manfaat BPJS Ketenagakerjaan tidak hanya dirasakan bagi pekerja penerima upah (PU), bukan penerima upah (BPU), dan jasa konstruksi, tetapi juga untuk siswa sebagai atlet olah raga

“Penting bagi siswa yang ikut dalam atlet olah raga memiliki jaminan sosial selama masa latihan dan pertandingan agar terlindungi dari potensi kecelakaan kerja dan kematian selama menjalani kegiatan olah raga sebagai atlet. Harapannya, seluruh universitas dan pihak sekolah untuk memastikan para atlet olah raga dan minat bakat sebelum turun ke pertandingan sudah memiliki perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan,” pungkas Hendra.


Topik

Pemerintahan bpjs ketenagakerjaan bpjs ketenagakerjaan tulungagung jaminan atlet


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Dede Nana