Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Internasional

Makin Mencekam, Tank Israel Tembaki RS Al Quds dari Jarak 20 Meter  

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Dede Nana

12 - Nov - 2023, 07:28

Placeholder
Suasana di RS Al Shifa. (Foto: Al Jazeera live updates)

JATIMTIMES - Situasi di Rumah Sakit Al Quds semakin mencekam. Pasukan berserta tank milik militer Israel kini hanya berjarak 20 meter (65 kaki) dari Rumah Sakit al-Quds. Melansir Al Jazeera, Minggu (12/11/2023), tank pasukan Israel tersebut menembaki RS Al Quds. Tembakan pasukan Israel itu membuat 14.000 pengungsi yang berada di dalam RS Al Quds makin panik ketakutan. 

Maps RS Al Quds yang hanya berjarak 20 meter dari tank pasukan Israel. (Foto: Al Jazeera)

Maps RS Al Quds yang hanya berjarak 20 meter dari tank pasukan Israel. (Foto: Al Jazeera)

Baca Juga : Rumah Seorang Nenek 73 Tahun di Pagelaran Terbakar, Kerugian Capai Puluhan Juta

Bukan hanya pengungsi, kondisi para dokter di RS Al Quds juga mengkhawatirkan. Dan dilaporkan beberapa pengungsi mengalami luka-luka. "Beberapa pengungsi terluka karena menjadi sasaran tembakan dari pasukan Israel. Situasi sangat berbahaya. Kami mengkhawatirkan tim medis kami, 500 pasien dan 14.000 pengungsi," kata Nebal Farsakh kepada Al Jazeera. 

Sejak Kamis (9/11/2023), RS Al Quds telah menutup layanannya karena pasokan kebutuhan dasar habis. Sebagai informasi, RS Al Quds terletak di lingkungan Tal al-Hawa dan dioperasikan oleh Masyarakat Bulan Sabit Merah Palestina (PRCS). 

Sebelum RS Al Quds, rumah sakit lainnya juga diserang oleh pasukan Israel, termasuk RS Al Shifa. Direktur Rumah Sakit Al-Shifa mengatakan dua bayi prematur meninggal setelah dikeluarkan dari inkubator karena listrik padam. Dia mengatakan kompleks medis “sepenuhnya terputus, setiap orang yang bergerak menjadi sasaran” pasukan Israel.

Di sisi lain, pasukan Israel melakukan serangan di kota Jenin, Tepi Barat yang diduduki. Setidaknya satu orang tewas sementara lainnya ditembak mati di Arraba, kota terdekat, menurut kementerian kesehatan.

Baca Juga : RS Terbesar di Gaza Lumpuh Kehabisan Bahan Bakar

Update terbaru Minggu (12/11/2023), setidaknya 11.078 warga Palestina telah tewas dalam serangan Israel di Gaza sejak 7 Oktober. Sementara di Israel, melakukan revisi jumlah korban tewas saat Hamas melakukan serangan mengejutkan dari 1.400 menjadi 1.200 orang. 


Topik

Internasional rs al quds israel israel palestina tank israel



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Dede Nana