BATUTIMES.– Fasilitas untuk memberikan kenyamanan kepada Pedagang Kaki Lima (PKL) terus dilakukan oleh Pemkot Batu. Seperti halnya penambahan tenda bagi para PKL Alun-Alun Kota Batu.

Saat ini para PKL itu sudah menempati area depan GOR Ganesha sejak 10 hari terakhir. Tenda baru sebanyak 50 unit.

Kasi Pengembangan Usaha Ekspor Impor Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan Kota Batu Inol Ertadyansah menjelaskan tenda itu merupakan hasil dari Corporate Social Responsibility (CSR) yang diberikan kepada Pemkot. Tujuannya agar para PKL lebih nyaman dengan adanya fasilitas yang disuguhkan tersebut. 

“Supaya saat siang hari mereka tidak kepanasan. Dan lebih nyaman antara penjual dan pembeli,” ungkap Inol.

Hingga saat ini jumlah PKL yakni 264 orang, namun hanya 50 PKL saja yang bisa menggunakan tenda tersebut. “Memang kami mendapatkan CSR itu 50 tenda. Sehingga bisa dibuat bergantian,” imbuhnya kepada BatuTIMES.

Selain tenda, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko juga dalam tahap mempersiapkan tambahan fasilitas di Food Court (depan Gor Ganesha) agar bisa terpakai. Rencananya di sana akan diberikan seperti etalase.

“Supaya PKL yang jual makanan seperti nasi goreng, sate, lalapan dan sebagainya bisa naik di sana. Dan adanya fasilitas etalase supaya seragam dan disesuaikan dengan tempatnya,” kata Dewanti.

Diketahui para PKL tersebut sudah menempati area GOR Ganesha sejak Senin 23 Juli 2018 lalu. Rencananya mereka tidak akan terus menetap di sana. Namun pihak Pemkot Batu sudah ancang-ancang untuk mencari lokasi menampung para PKL tersebut.