foto istimewah (merdeka)
foto istimewah (merdeka)

MALANGTIMES - Sampah masih menjadi permasalahan yang kompleks bagi Indonesia. Produksi sampah di Indonesia masih tergolong tinggi. Sebab, berdasarkan data yang berhasil dihimpun MalangTIMES.com setiap harinya Indonesia memproduksi sampah 65 juta ton sampah per hari di tahun 2016.

Jumlah tersebut naik 1 ton dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 64 juta ton dalam satu hari. Kali ini, MalangTIMES.com mencoba menghimpun data kota-kota besar penghasil sampah terbanyak di Indonesia. Mungkinkah Kota Malang termasuk ke dalam kota dengan penghasil sampah terbanyak? Simak ulasan berikut ini.

Surabaya

Data dari Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau, Kota Surabaya memproduksi sampah dengan cukup tinggi yakni 1.500 ton per hari pada tahun 2016. Proporsinya yakni 40 persen sampah anorganic dan sisanya sampah organic.

Jumlah tersebut lebih sedikit jika dibanding dengan produksi sampah tahun 2015 yakni mencapai 2.000 ton sampah per harinya.

DKI Jakarta

Berdasakan data yang berhasil dihimpun MalangTIMES.com dari Pengelolaan Limbah, Sampah, dab Bahan Beracun Berbahaya Kementrian Lingkungan (PSLB3) DKI Jakarta memproduksi sampah dengan sangat tinggi yakni mencapai 70 ribu ton sampah setiap harinya. Sampah di Jakarta didominasi dengan sampah rumah tangga.

Semarang

Kota semarang menjadi salah satu kota yang memproduksi sampah dengan jumlah yang cukup banyak. Yakni mencapai 1.400 ton per harinya. Jumlah tersebut rupanya tidak semuanya terangkut ke TPA melainkan sebagian diolah oleh masyarakat.

Medan

Data Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan menyebutkan produksi sampah di Kota ini mencapai 2.000 ton setiap harinya. Jumlah ini merupakan jumlah sampah yang masuk ke TPA Terjun dengan lahan seluas 13,8 hektar. Sampah tersebut merupakan sampah dari 21 kecamatan di Kota Medan.

Denpasar

Bali juga menjadi salah satu kota penyumbang sampah terbanyak di Indonesia. Sedikitnya 12 ribu kubik perhari sampah dihasilkan oleh masyarakat Bali. Dari jumlah tersebut sebanyak 11 persen merupakan sampah plastic, 70 persen sampah organic dan sisanya sampak anorganik lainnya.

Kota Malang tidak tercatat sebagai kota besar dengan produksi sampah yang terlalu banyak. Sebab, menurut data dari Dinas LIngkungan Hidup (DLH) Kota Malang mencatat produksi sampah di Kota Malang hanya 600 hingga 700 ton per hari. Jumlah ini tentu jau lebih sedikit jika dibandingkan dengan kota besar yang lain.