Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Internasional

Sderot Cinema: Tempat Warga Tonton Rudal Israel Berjatuhan di Gaza

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Dede Nana

11 - Nov - 2023, 11:18

Placeholder
Momen saat komedian Bassem menceritakan adanya bioskop Sderot di Israel. (Foto: TikTok)

JATIMTIMES - Belakangan ini media sosial platform TikTok tengah ramai dengan unggahan wawancara antara host TalkTV kepada komedian Bassem Youssef. Hal ini terjadi lantaran Bassem bercerita soal adanya bioskop Sderot, yang digunakan warga untuk menyaksikan rudal Israel yang dijatuhkan ke Gaza. 

Dalam video yang beredar, salah satunya diunggah akun TikTok @ummatindonesia, terlihat host Talk TV, Piers Morgan mewawancarai komedian Mesir Bassem Youssef yang kini berkarir di Los Angeles, Amerika Serikat, pada hari Rabu (8/11/2023) lalu. 

Baca Juga : Israel Revisi Jumlah Korban Tewas Akibat Serangan Hamas

Dalam wawancara tersebut, Bassem menceritakan tentang sebuah kota kecil bernama Sderot. Dia mengatakan ketika Israel membombardir Gaza seperti biasa di tahun-tahun sebelumnya, penduduk Israel di Sderot Kibbutz atau pemukiman pergi ke sebuah bukit. 

"Mereka ke bukit sambil membawa popcor dan minuman. Mereka seperti sedang menonton pertunjukan. Mereka juga merayakan setiap roket yang dijatuhkan ke Gaza," jelas Bassem. 

"Orang-orang barat tak melihat hal itu," imbuhnya. 

Seperti diketahui, Sderot adalah salah satu kota di Israel yang berada di distrik Nagev. Jaraknya hanya sekitar 2 kilometer dari Gaza. Di kota ini ada sebuah bukit yang sering digunakan oleh warga kota itu untuk berekreasi. Namun para warga itu bukan melakukan sembarang rekreasi, melainkan menyaksikan roket dan rudal Israel yang dijatuhkan ke Gaza. 

Bahkan warga kota itu menjuluki kota tersebut sebagai bioskop Sderot. Salah satu video menunjukkan kejadian pada 2014, saat warga Israel memenuhi bukit tersebut untuk menyaksikan rudal Israel menghantam Gaza.  

Baca Juga : Sederet Fakta Konser BMTH Dihentikan di Hari Pertama

Tampak dalam video kerumunan warga dengan membawa bendera Israel melihat rudal Israel yang dijatuhkan ke Gaza. Terlihat juga para warga naik ke bukit tersebut dengan membawa makanan dan minuman. Bahkan mereka tampak duduk santai di sofa yang tersedia. Seolah-olah sedang berada di bioskop. 

Lantas setiap roket atau rudal dijatuhkan ke Gaza, para warga Sderot akan bertepuk tangan atau melakukan tos. Terjatuhnya rudal Israel pada 2014 itu, mengakibatkan 2,3 ribu warga Gaza meninggal dunia. 

Seiring dengan meningkatnya intensitas pertempran Israel dengan Hamas di Gaza, kini Kota Sderot berubah menjadi sepi. Dari 30 ribu populasi penduduknya, sebanyak 20 ribu jiwa pengungsi telah mengungsi ke bagian utara Israel. Tak ada lagi warga kota itu yang beranu datang ke bioskop Sderot tersebut. 


Topik

Internasional bassem youssef rudal israel sderot cinema sderot



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Dede Nana