Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Lingkungan

Hadapi Bencana Hidrometeorologi, Pengelola Wisata Diminta Bentuk Tim Khusus

Penulis : Irsya Richa - Editor : A Yahya

07 - Nov - 2023, 20:19

Placeholder
Simulasi bencana saat Apel Siaga Darurat Bencana Menghadapi Musim Hujan 2023-2024 berlangsung di Taman Rekreasi Selecta, Selasa (7/11/2023) sore. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Apel Siaga Darurat Bencana Menghadapi Musim Hujan 2023-2024 berlangsung di Taman Rekreasi Selecta, Selasa (7/11/2023) sore. Pelaksanaan apel digelar di tempat wisata ini agar pelaku wisata juga ikut siaga bencana dalam memasuki musim hujan di Kota Batu.

Apalagi sejumlah objek wisata berada di dataran tinggi. Jika hujan turun dengan intensitas tinggi berpotensi terjadi bencana seperti tanah longsor.

Baca Juga : Pj Bupati Sugiat Buka Festival Qasidah Tingkat Pelajar SMP Se-Jombang

Karena itu Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa meminta keterlibatan tempat wisata dalam menghadapi bencana hidrometeorologi. Sehingga perlu dibentuk tim-tim khusus untuk mengantisipasi adanya bencana yang sewaktu-waktu bisa terjadi. “Tempat wisata sangat beresiko tinggi terjadinya bencana saat intensitas hujan tinggi,” kata Khofifah.

Kesiapsiagaan rupanya telah dilakukan Taman Rekreasi Selecta dengan dihadirkannya tim sesuai degan arahan Gubernur Jatim. Mengingat letak tempat wisata ini dihimpit pegunungan dan lembah.

Direktur Taman Rekreasi Selecta, Sujud Hariadi, mengatakan pihaknya telah menyiapkan sebanyak 25 orang petugas keselamatan dan kesehatan kerja.Tim tersebut disiagakan apabila terjadi bencana atau kecelakaan terhadap pengunjung. “Tahun lalu sudah kita siapkan 25 tenaga untuk siaga bencana. Dan, tahun ini kita maksimalkan,” terang Sujud.

Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, menambahkan, Kota Btu selain kota yang indah namun juga memiliki potensi bencana cukup besar. Melihat letaknya dilereng gunung dengan kemiringan yang tinggi.

Baca Juga : Gubernur Jatim Ingatkan Kepala Daerah Lakukan Ini Hadapi Bencana Hidrometeorologi

“Kehadiran Ibu Gubernur Khofifah tentunya telah memberikan arahan yang jelas, agar kita semua berkomunikasi secara maksimal dan terhubung seluruh instansi, terutama di Kota Batu sebagai destinasi pariwisata agar jika muncul bencana tidak sampai menimbulkan korban jiwa,” ungkap Aries.


Topik

Lingkungan kota batu bencana hidrometeorologi khofifah indar parawansa sujud hariadi



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

A Yahya