Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Langkah Awal Pemilu Sukses, Pemkab Malang Sosialisasikan Peran Demokrasi di Kecamatan Karangploso

Penulis : Ghiska Ayu - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

07 - Nov - 2023, 18:27

Sosialisasi Peran Demokrasi Bagi Masyarakat Guna Menyukseskan Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024 di Kabupaten Malang (7/11/2023). (Foto: Ghiska Ayu/ Intern JatimTIMES))
Sosialisasi Peran Demokrasi Bagi Masyarakat Guna Menyukseskan Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024 di Kabupaten Malang (7/11/2023). (Foto: Ghiska Ayu/ Intern JatimTIMES))

JATIMTIMES - Sosialisasi peran demokrasi menjadi sorotan utama dalam upaya menanamkan kesadaran, pemahaman, dan pengetahuan akan Pemilu 2024 kepada masyarakat Kabupaten Malang. Karena itulah Pemkab Malang getol melakukan sosialisasi tersebut.

Hari ini (7/11/2023) giliran sosialisasi digelar di Kantor Kecamatan Karangploso. 

Baca Juga : Putusan MKMK: 9 Hakim Dinyatakan Langgar Kode Etik Tak Dapat Jaga Rahasia RPH Cawapres 

 

Acara yang bertujuan untuk menyukseskan Pemilu dan Pemilihan Serentak tahun 2024 melibatkan berbagai pihak, yaitu Wakil Bupati Malang, Drs. H. Didik Gatot Subroto, S.H., M.H.; Ketua DPRD Kabupaten Malang, Darmadi S.Sos; dan Perwakilan Akademisi dari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Acara dimulai dengan sambutan dari Camat Karangploso, dimana ia menekankan pentingnya meletakkan demokrasi pada landasannya, yaitu empat pilar, yang meliputi UUD, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI Harga Mati, dan Pancasila. Hal ini dianggap sebagai langkah awal menuju Indonesia yang maju dan sejahtera.

Dilanjutkan dengan sambutan dari Wakil Bupati Kabupaten Malang, Drs. H. Didik Gatot Subroto, S.H., M.H. tentang pentingnya sosialisasi pemilu. Ia juga menekankan pentingnya pemilu yang tertib, aman, dan damai. 

“Bukan hanya bupati dan wakil bupati, tapi juga camat dan Satpol PP, kades dan RT/RW diharapkan untuk bisa membantu mengatur proses pelaksanaan kampanye Pilpres dan Pileg," pesan Didik. Pihaknya juga mengharapkan kerjasama berbagai pihak dalam menjaga kerukunan yang ada di wilayah Kabupaten Malang.

Ketua DPRD Kabupaten Malang, Darmadi S.Sos, juga memberikan sambutan dalam acara tersebut. Ia menyebut pentingnya sosialisasi sebagai upaya memberikan pemahaman atas adanya pergantian sistem Pemilu kepada masyarakat. Menurutnya, perbedaan sistematis tata cara pemilu perlu dipahami dengan baik. 

Sekadar informasi, pada Juni 2023 lalu, Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan bahwa Pemilu 2024 menerapkan sistem proporsional terbuka. Sistem pemilu proporsional terbuka adalah sistem pemilihan umum di mana pemilih mencoblos partai politik maupun calon bersangkutan. 

Dalam sistem ini pemilih dapat langsung memilih calon legislatif yang dikehendaki untuk dapat duduk menjadi anggota dewan. Secara singkat, sistem proporsional terbuka adalah sistem coblos caleg.

Baca Juga : Ini Daftar Lengkap Tim Pemenangan Prabowo-Gibran  

 

“Pemilu serentak tahun 2024 nantinya merupakan Pemilu serentak kali kedua Pemilu Presiden dan Wakil Presiden dilaksanakan bersamaan dengan Pemilu Legislatif. Pelaksanaannya masih sama seperti Pemilu Serentak tahun 2019, menggunakan lima kotak suara,” terangnya.

Sedangkan Pemilihan Serentak tahun 2024 kali ini merupakan pemilihan kepala daerah pertama kali yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. 34 Provinsi dan 514 Kabupaten/Kota akan melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah Serentak pada tanggal 27 November 2024.

Pemilihan Serentak tahun 2024, merupakan pemilihan gubernur dan wakil gubernur yang dilaksanakan bersamaan dengan pemilihan bupati dan wakil bupati dan atau walikota dan wakil ealikota. Pemilihan ini nantinya menggunakan dua kotak suara.

Darmadi menekankan bahwa pemahaman tentang cara memilih adalah kunci untuk meningkatkan partisipasi politik masyarakat, sehingga kualitas pemilu dapat lebih baik.

Acara sosialisasi ini diakhiri dengan materi dari perwakilan akademisi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Di mana pihak perguruan tinggi juga turut mengajak masyarakat untuk tidak golput dan aktif dalam pemilihan. Semua masyarakat diharapkan dapat memahami betapa pentingnya peran demokrasi dalam menjaga keadilan, kesetaraan, dan kemajuan negara.


Topik

Pemerintahan Pemilu sosialisasi pemilu pemkab malang kabupaten malang


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ghiska Ayu

Editor

Sri Kurnia Mahiruni