Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Wisata

Gunung Api Purba Nglanggeran, Ikon Wisata Gunungkidul yang Jadi Geosite UNESCO Global Geopark

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Dede Nana

06 - Nov - 2023, 09:26

Pesona Gunung Api Purba Nglangeran yang bagaikan lukisan alam.(Foto : Instagram @beautifuljogjakarta)
Pesona Gunung Api Purba Nglangeran yang bagaikan lukisan alam.(Foto : Instagram @beautifuljogjakarta)

JATIMTIMES - Kabupaten Gunungkidul, sebuah kepingan surga yang terletak di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki potensi luar biasa di sektor wisata. Salah satu permata yang menjadi incaran para penjelajah adalah Gunung Nglanggeran. Mari kita mengungkap keajaiban alam, sejarah unik, dan pesona eksotis Gunung Nglanggeran yang akan menggoda hati dan jiwa para petualang

Kabupaten Gunungkidul, yang terletak di wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), merupakan salah satu destinasi wisata yang penuh potensi dan keindahan. Selama bertahun-tahun, kabupaten ini telah dikenal dengan pantai-pantainya yang menakjubkan dan gua-gua alami yang mengundang para penjelajah untuk datang. Namun, apa yang sering luput dari perhatian adalah potensi wisata yang memukau hati dan jiwa, namanya Gunung Nglanggeran.

Baca Juga : Wisuda ke-68, 83 Persen Lulusan Binus @Malang Terserap di Dunia Kerja

Gunung Nglanggeran, atau yang dikenal sebagai Gunung Api Purba Nglanggeran, adalah keajaiban alam yang terletak di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul. 

Hanya sekitar satu jam perjalanan dari pusat Kota Yogyakarta atau setengah jam dari Kota Wonosari, Gunung Api Purba Nglanggeran adalah salah satu simbol dari Desa Wisata Nglanggeran dan menjadi bagian penting dari kawasan Geosite Gunung Sewu yang telah diakui oleh UNESCO sebagai Global Geopark

Dengan ketinggian sekitar 700 meter di atas permukaan laut (mdpl) dan kawasan pegunungan seluas 48 hektar, Gunung Api Purba Nglanggeran menawarkan pengalaman alam yang mengagumkan dan tak terlupakan.

Sangatlah sulit untuk menjelaskan dengan kata-kata betapa memukau dan indahnya Gunung Api Purba Nglanggeran. Puncaknya, yang sering kali disebut sebagai Gunung Gedhe oleh penduduk setempat, menawarkan pemandangan yang menakjubkan. 

Pada pagi hari, Anda dapat menyaksikan matahari terbit dengan perlahan muncul di balik horison, memberikan cahaya lembut yang merayap di atas pegunungan karst dan sawah-sawah hijau yang terbentang. 

Di malam hari, pemandangan lampu kota yang berkilauan di kejauhan membuat puncak Gunung Nglanggeran menjadi tempat yang sempurna untuk merenung dan bersantai.

Sejarah Gunung Api Purba Nglanggeran juga menambah daya tariknya. Gunung ini dulunya adalah gunung berapi aktif sekitar 60 juta tahun yang lalu. Namun, proses geologi yang berlangsung ribuan tahun membuatnya terangkat dari dasar laut dan berubah menjadi daratan. Strukturnya didominasi oleh batuan kapur atau karst yang menciptakan pemandangan batuan besar yang menjulang tinggi, menciptakan lanskap yang begitu memikat.

Tak hanya keindahan alam, asal nama Gunung Api Purba Nglanggeran juga memiliki kisah unik. Dalam bahasa Jawa, "nglanggar" berarti "melanggar." Legenda lokal menceritakan kisah menarik di balik nama ini. Ratusan tahun yang lalu, penduduk sekitar gunung mengundang seorang dalang untuk merayakan pesta hasil panen. Namun, para warga malah merusak wayang milik sang dalang, yang membuat sang dalang marah. Akibatnya, warga yang bersalah dikutuk dan diubah menjadi wayang, kemudian dibuang ke Gunung Nglanggeran, di mana mereka tinggal selamanya.

Gunung Api Purba Nglanggeran bukan hanya destinasi wisata untuk mendaki, tetapi juga tempat untuk merenung dan bersantai. Terdapat fasilitas camping ground yang memungkinkan pengunjung untuk berkemah di atas pegunungan karst dan menikmati suasana matahari terbenam yang spektakuler. Pada pagi hari, kabut lembut sering kali menyelimuti puncak gunung, menciptakan pemandangan yang begitu magis dan menenangkan.

Baca Juga : Viral, Pendaki Beri Makan Babi Hutan, Netizen: Jangan Kasih Makan Satwa Liar

Bagi para pendaki yang berpengalaman, Gunung Api Purba Nglanggeran juga merupakan pintu gerbang untuk mengeksplorasi Gunung Gedhe yang lebih tinggi. Meskipun ketinggian hanya sekitar 700 meter di atas permukaan laut (mdpl), pendakian ini menawarkan pengalaman yang memuaskan dan pemandangan alam yang menakjubkan.

Selain Gunung Api Purba Nglanggeran itu sendiri, wilayah sekitarnya juga menawarkan daya tarik lain. Air Terjun Kedung Kandang, yang terbentuk dari susunan batuan vulkanik bertingkat, adalah salah satu tempat yang harus Anda kunjungi. Saat musim hujan tiba, air terjun ini mengalir dengan deras, menciptakan pemandangan yang mengesankan.

Embung Nglanggeran, sebuah waduk buatan di ketinggian 495 mdpl, juga menambah pesona alam Gunung Nglanggeran. Tempat ini cocok untuk bersantai sambil menikmati keindahan alam sekitar. Selain itu, Anda dapat merasakan kehidupan pedesaan yang hangat dan ramah dengan berinteraksi dengan masyarakat lokal di Desa Wisata Nglanggeran. Selama kunjungan Anda, jangan lupa mencicipi kuliner khas daerah yang lezat dan autentik.

Gunung Api Purba Nglanggeran bukan sekadar tempat wisata, tetapi juga tempat yang memberikan pelajaran tentang sejarah alam dan kearifan lokal. Perkiraan usianya yang mencapai 60-70 juta tahun dan perubahan geologis yang terjadi selama ribuan tahun memberikan perspektif unik tentang evolusi bumi. Tempat ini adalah titik perjumpaan antara masa lalu dan masa kini, di mana kita dapat memahami lebih dalam tentang keajaiban alam dan sejarah panjang yang menyertainya.

Tidak hanya destinasi wisata yang menakjubkan, Gunung Api Purba Nglanggeran juga telah meraih penghargaan sebagai desa wisata terbaik di Indonesia pada tahun 2017 dan menerima penghargaan ASEAN Community Based Tourism Award pada tahun berikutnya. Penghargaan ini merupakan pengakuan terhadap komitmen Kabupaten Gunungkidul dalam mengembangkan wisata yang berkelanjutan dan melibatkan masyarakat lokal.

Dengan segala potensi dan keindahannya, Gunung Api Purba Nglanggeran adalah permata tersembunyi yang harus Anda jelajahi. Kabupaten Gunungkidul siap menyambut Anda dengan tangan terbuka dan memberikan pengalaman wisata yang tak terlupakan. Bagi wisatawan mancanegara, tempat ini adalah pintu masuk ke kekayaan alam dan budaya Indonesia yang menakjubkan. Jadi, mari bersama-sama menjelajahi keindahan yang tersembunyi di bumi Nusantara ini dan berbagi kebahagiaan dengan dunia. Gunung Api Purba Nglanggeran menantikan Anda untuk datang dan menjelajahi keindahan yang tak terlupakan di Kabupaten Gunungkidul yang luar biasa. 


Topik

Wisata gunung nglanggeran global geopark unesco wisata yogyakarta


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Dede Nana