Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Agama

Khamr, Minuman Lezat Para Penghuni Surga yang Haram di Dunia

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Nurlayla Ratri

04 - Nov - 2023, 08:59

Placeholder
Ilustrasi minuman surga (pixabay)

JATIMTIMES - Para penghuni surga, nantinya akan mendapatkan berbagai macam kenikmatan dari Allah SWT. Para penghuni surga juga diberikan kebebasan untuk memilih segala jenis makanan dan minuman yang mereka inginkan. 

Hal ini termaktub dalam Al-Quran surat Al-Mursalat ayat 43.  "(Katakan kepada mereka), "Makan dan minumlah dengan rasa nikmat sebagai balasan dari apa yang telah kamu kerjakan".

Baca Juga : Bareskrim Ungkap Peredaran Narkoba Modus Keripik Pisang di Yogyakarta 

Akan ada minuman-minuman nikmat yang akan diberikan kepada par penghuni surga, antara lain susu, air jahe, madu. Bukan hanya itu, bahkan arak atau khamr juga disediakan di surga untuk para penghuninya. 

Lantas benarkah khamr disediakan di surga? Bukankah seperti diketahui khamr minuman memabukkan di dunia dan bahkan diharamkan Allah SWT? Bagaimana sebenarnya?

Diolah dari beberapa sumber, di surga, khamr menjadi sebuah minuman yang halal. Khamr ini hanya bisa dinikmati oleh orang-orang yang masuk ke surga dan ketika di dunia mereka meninggalkan khamr.

Dari Abdullah bin Umar radhiallahu’anhu, Nabi SAW bersabda, "Barangsiapa yang meminum khamr di dunia, ia tidak akan meminumnya di akhirat (surga). Kecuali jika ia bertaubat," (HR. Al Bukhari no.5575, Muslim no.2003).

Bahkan khamr di surga memiliki rasa yang lezat. Hal ini telah ditegaskan dalam Al-Qur'an Surat Muhammad ayat 15.

“Perumpamaan (penghuni) surga yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa yang di dalamnya ada sungai-sungai dari air yang tiada berubah rasa dan baunya, sungai-sungai dari air susu yang tidak berubah rasanya, sungai-sungai dari khamr yang lezat rasanya bagi peminumnya".

Khamr di surga memiliki sifat yang berbeda dengan khamr di dunia. Imam Ibnu Katsir dalam Tafsir-nya menjelaskan beberapa sifat khamr surgawi.

Baca Juga : City Walk - Makam Bung Karno Siap Hadirkan Pesona Baru

Sifat khamr di surga tidaklah mengandung sebuah zat yang memabukkan. Hal ini sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Qur'an surat Ash Shaffat 47, “Tidak ada dalam khamr itu alkohol dan mereka tiada mabuk karenanya”.

Sifat khamr di surga juga tidaklah Tidak memabukkan dan membuat pusing. Hal inipun juga ditegaskan dalam Al-Qur'an surat Al Waqi'ah 19, “mereka tidak pening karenanya dan tidak pula mabuk”.

Khamr di surga bahkan terasa begitu lezat dengan memiliki warna putih. Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an surat Ash Shaffat 46, “warnanya putih dan terasa lezat bagi yang meminumnya”.

Selain itu, khamr di surga tidaklah perlu untuk memeras untuk mendapatkan. Ini sesuai dengan hadits riwayat Ibnu Katsir dalam Tafsir-nya, beliau mengatakan: ‘hadits ini gharib, seakan-akan dia mursal’.


Topik

Agama khamr hukum minuman alkohol



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Nurlayla Ratri