Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pendidikan Lomba dan Pameran Karya Siswa 2023

Ribuan Sekolah Antusias, Dispendik Kabupaten Malang Saring Video Peserta Lomba

Penulis : Tubagus Achmad - Editor : Nurlayla Ratri

04 - Nov - 2023, 08:49

Placeholder
Poster lomba video dan pameran karya siswa dalam menyambut HUT Kabupaten Malang ke-1263 tahun. (Foto: Dok. JatimTIMES)

JATIMTIMES - Ribuan sekolah antusias mengikuti Lomba Video Inovasi Pembelajaran antar Sekolah se-Kabupaten Malang dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka dari Dinas Pendidikan Kabupaten Malang. Panitia penyelenggara saat ini sedang melakukan proses penyaringan video yang dikirim oleh para peserta.

Ketua Panitia Lomba Video Inovasi Pembelajaran antar Sekolah se-Kabupaten Malang dalam implementasi Kurikulum Merdeka Gusni Ariansyah menyampaikan, bahwa saat ini pihaknya sedang melakukan penyaringan di tingkat kecamatan. 

Baca Juga : UB Jadi Tuan Rumah MTQMN 2023, Targetkan Juara Umum

"Saat ini kita sedang melakukan tahap penyeleksian dan proses penyaringan video peserta di tingkat kecamatan untuk selanjutnya diseleksi di tingkat kabupaten," ujar Gusni melalui sambungan telepon, Jumat (3/11/2023). 

Disinggung mengenai jumlah peserta yang telah mengirimkan video inovasi pembelajaran, Gusni mengatakan pihaknya masih belum menerima laporan secara resmi dari panitia di tingkat kecamatan. 

"Secara resmi kita belum menerima laporan dari tingkat kecamatan. Nanti rencananya hari Senin akan kita minta laporan di tingkat kecamatan," kata Gusni. 

Pihaknya menyebut, bahwa banyak peserta yang antusias mengikuti lomba ini. Hal itu dapat dilihat dari komentar-komentar di beberapa platform media sosial milik Dinas Pendidikan Kabupaten Malang. 

"Cuma memang keterbatasan waktu, jadi kita tidak bisa menerima semua peserta. Karena kalau semua lembaga kirim langsung ke kita, ya bisa ribuan yang mengirim. Kewalahan kalau tidak disaring di tingkat kecamatan," jelas Gusni. 

Namun, pihaknya tetap menargetkan jumlah peserta yang mengikuti lomba ini sebanyak-banyaknya.  

"Kalau lomba video ini target pesertanya sebanyak-banyaknya, ya mencapai ratusan peserta," imbuh Gusni. 

Selain itu, pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Malang juga telah mengeluarkan surat edaran secara resmi dan petunjuk teknis pelaksanaan lomba yang ditujukan untuk semua lembaga pendidikan. Mulai dari jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP) di tingkat kecamatan. 

Baca Juga : Banyuwangi Tuan Rumah Kejurda Atletik Open se-Jatim

Untuk persyaratan dan ketentuan alur Lomba Video Inovasi Pembelajaran antar Sekolah se-Kabupaten Malang dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka dapat dilihat pada infografis di bawah ini:

Persyaratan.

Lebih lanjut, pihaknya juga menyampaikan beberapa tahapan pelaksanaan Lomba video tersebut. Yakni pengiriman video dilakukan mulai tanggal 30 Oktober sampai 12 November 2023. 

Penjurian 10 video terbaik akan dilakukan pada tanggal 13 sampai 14 November 2023 dan diumumkan pada tanggal 15 November 2023. 

Untuk pemenang juara satu, dua dan tiga yang sesuai dengan indikator penilaian yakni merupakan implementasi kurikulum merdeka, asli, spesifik, unik, inovatif, inspiratif, dan kualitas video yang baik akan diumumkan pada acara Lomba dan Pameran Karya Siswa di Pendapa Panji Kabupaten Malang pada tanggal 18 November 2023. 

"Harapannya, semua bisa berjalan dengan lancar sesuai dengan harapan dan tahapan yang telah ditetapkan. Endingnya, dengan adanya acara ini masyarakat bisa lebih mengapresiasi apa yang telah Dispendik Kabupaten Malang lakukan," tandas Gusni. 

Sebagai informasi, kegiatan Lomba Video Inovasi Pembelajaran antar Sekolah se-Kabupaten Malang dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka ini digelar Dispendik Kabupaten Malang dengan menggandeng JatimTIMES.com untuk menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Malang ke-1263 tahun. 


Topik

Pendidikan lomba video inovasi pameran karya siswa Dispendik Kabupaten Malang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Tubagus Achmad

Editor

Nurlayla Ratri