Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Mendagri Tjahjo Kumolo Mendadak Kunjungi Balai Kota Malang, Ada Apa?

Penulis : Nurlayla Ratri - Editor : Heryanto

31 - Jul - 2018, 13:15

Mendagri Tjahjo Kumolo didampingi Gubernur Jawa Timur Soekarwo dan Plt Wali Kota Malang Sutiaji saat meninjau Ngalam Command Center Kota Malang. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)
Mendagri Tjahjo Kumolo didampingi Gubernur Jawa Timur Soekarwo dan Plt Wali Kota Malang Sutiaji saat meninjau Ngalam Command Center Kota Malang. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo melakukan kunjungan mendadak ke kompleks perkantoran Balai Kota Malang, hari ini (31/7/2018).

Baca Juga : Tiga Tenaga Kesehatan Positif Covid-19 di Kota Malang Sembuh

Tanpa disertai pengawalan ketat, Tjahjo Kumolo berdialog langsung dengan sejumlah aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang. 

Beberapa kantor organisasi perangkat daerah (OPD) yang dikunjungi yakni Inspektorat, Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Barenlitbang) dan Sekretariat Daerah Kota Malang.

Tampak tidak ada persiapan khusus saat perkantoran tersebut didatangi pejabat teras RI. Tjahjo mengungkapkan, kedatangannya tersebut dalam rangkaian pengecekan persiapan lokasi kegiatan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di GOR Ken Arok, besok (1/8/2018).

"Hari ini sedang pengecekan persiapan lokasi dalam rangka kedatangan Presiden RI, mampir ke sini memberi semangat dan penguatan ke aparatur pemerintah di Kota Malang," ujar Tjahjo usai kunjungan.

Dalam kunjungan tersebut, Tjahjo didampingi Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Plt Wali Kota Malang Sutiaji, dan jajaran kepala OPD Pemkot Malang. Tjahjo berkeliling sekitar 30 menit.

Mengenai agenda Presiden RI Jokowi di Kota Malang, menurut Tjahjo tetkait dengan pengarahan terhadap pemerintahan desa se Jawa Timur.

Baca Juga : Tanggap Covid-19, Fraksi PKS DPRD Kota Malang Bagikan Ratusan APD ke Petugas Medis

"Nanti Presiden akan memberi penguatan pemerintahan di desa. Agar mereka memahami cara menyusun perencanaan anggaran desa, pertanggungjawaban desa, bagaimana menggerakkan dan mengorganisasi desa dan fokus kerjaannya," paparnya.

"Dengan berkumpulnya kepala desa, bisa saling komunikasi mengetahui persoalan di lapangan. Acara yang sama sudah dilakukan di Yogyakarta," tambahnya.

Untuk diketahui, pada 27 Juli lalu Presiden RI Jokowi menghadiri agenda Peningkatan Kapasitas Pemerintah Desa Lingkup Regional Balai Pemerintahan Desa di Yogyakarta.

Menurut Tjahjo, selama ini keluhan yang muncul yaitu terkait mekanisme pembuatan laporan dana desa.

"Presiden berharap pelaporan itu lebih sederhana dan singkat. Kemudian arahan Bapak Presiden agar lebih fokus di desa itu bagaimana, musyawarah bagaimana melibatkan masyarakat dan jangan diborongkan tapi melibatkan masyarakat," pungkasnya.


Topik

Peristiwa Menteri-Dalam-Negeri Tjahjo-Kumolo perkantoran-Balai-Kota-Malang


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nurlayla Ratri

Editor

Heryanto