Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Wisata

Hadapi Asian Games, Disparbud Kabupaten Malang Siapkan Paket Wisata Unggulan di Palembang

Penulis : Dede Nana - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

26 - Jul - 2018, 15:30

Kepala Disparbud Kabupaten Malang Made Arya Wedanthara (tengah) dengan Joko-Roro Wisata di pertemuan MICE yang diadakan di Palembang dalam menyambut Asian Games 2018. (for MalangTIMES)
Kepala Disparbud Kabupaten Malang Made Arya Wedanthara (tengah) dengan Joko-Roro Wisata di pertemuan MICE yang diadakan di Palembang dalam menyambut Asian Games 2018. (for MalangTIMES)

Asian Games 2018 telah di depan mata. Berbagai persiapan pun telah sejak lama dilakukan dalam menghadapi event olahraga terakbar di Asia itu. Tak terkecuali di sektor pariwisata yang kini terus digodok dalam konsep meeting, incentive, convention, and exhibition (MICE). 

Baca Juga : Curhat Pelaku Pariwisata ke Menteri Pariwisata Wishnutama, Seperti Apa ?

Dilehat di Palembang,  Sumatera Selatan (Sumsel), berbagai pelaku pariwisata berkumpul dan menggodok persiapan menyambut Asian Games dalam ruang pariwisata sebagai pendukung keberhasilan Asian Games yang tentunya akan mendatangkan banyak wisatawan. 

Potensi besar tersebut yang diambil juga oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Malang dalam mengoptimalkan MICE dalam perlehatan Asian Games 2018. Disparbud akan memperkenalkan potensi-potensi wisata di Kabupaten Malang. 

Made Arya Wedanthara, kepala Disparbud Kabupaten Malang, mengatakan,  pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak tuan rumah serta para pelaku pariwisata dalam menyambut Asian Games. "Kami telah bertemu dengan para pelaku wisata,  usaha jasa serta tentunya pihak dinas pariwisata di Palembang. Ini sebagai optimalisasi MICE juga," kata Made Arya kepada MalangTIMES,  Kamis (26/7/2018). 

MICE dalam industri pariwisata atau pameran adalah suatu jenis kegiatan pariwisata suatu kelompok besar. Biasanya direncanakan dengan matang, berangkat bersama untuk suatu tujuan tertentu. Tujuan inilah yang kini terus digodok dengan tujuan berbagai produk pariwisata,  khususnya di Kabupaten Malang, lebih dikenal secara masif, baik di Indonesia maupun di mancanegara. 

Sisi lain,  lanjut Made Arya,  pertemuan yang dilakukan di Palembang tersebut juga dijadikan ruang untuk bertukar informasi serta berbagai paket wisata yang nantinya bisa dijual kepada para wisatawan. "Banyak manfaat yang bisa dipetik dalam pertemuan tersebut. Misalnya,  kita bisa melakukan promosi serta menjual berbagai wisata yang ada. Ujungnya adalah peningkatan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Malang," ujarnya. 

Baca Juga : Penutupan Tempat Wisata dan Hiburan di Kota Batu Diperpanjang sampai 21 April

Apalagi,  momen Asian Games 2018 yang tentunya akan mendatangkan banyak kunjungan dari berbagai negara. "Ini momen penting yang patut dioptimalkan oleh para pelaku wisata dan tentunya pemerintahan untuk mengenalkan dan menjual berbagai produk pariwisata," imbuh Made Arya. 

Seperti diketahui,  sektor pariwisata di Kabupaten Malang memiliki begitu banyak varian unggulan yang bisa dijual kepada wisatawan. Baik wisata alam,  berupa gunung,  laut,  sungai, maupun wisata alam buatan yang tersebar di 33 kecamatan. 

Berbagai potensi wisata tersebut semakin menguat dengan adanya kepedulian tinggi Pemerintah Kabupaten Malang di bawah kepemimpinan Bupati Dr H Rendra Kresna. Sektor pariwisata menjadi salah satu program strategis yang dikawal secara serius oleh seluruh jajaran organisasi pemerintah daerah (OPD) Pemkab Malang. 

Melalui momen Asian Games inilah nantinya,  berbagai potensi wisata tersebut akan dipertemukan dengan masyarakat berbagai negara yang hadir dalam pesta olahraga terbesar di Asia itu. "Harapannya tentu pariwisata Kabupaten Malang akan semakin dikenal luas di mancanegara. Kami punya potensi wisata beragam dan unik sebagai nilai jual kepada wisatawan," pungkas Made Arya. (*) 


Topik

Wisata Asian-Games-2018 Disparbud-Kabupaten-Malang Paket-Wisata-Unggulan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Dede Nana

Editor

Sri Kurnia Mahiruni