Screenshot polling caleg partai Demokrat yang dilansir dalam situs strawpoll (Ist)
Screenshot polling caleg partai Demokrat yang dilansir dalam situs strawpoll (Ist)

Pemilihan Legislatif (Pileg) DPR RI 2019 telah dimulai sejak beberapa pekan lalu. Masa pendaftaran para bacaleg,  baik pusat sampai daerah telah selesai. 

Berbagai tahapan KPU terus bergulir dan ditunggu oleh khalayak ramai. Dalam masa-masa pemberkasan para bacaleg ini pun, beberapa polling atas para bacaleg mulai meramaikan dunia politik Indonesia. 

Baca Juga : Lahir Putusan Sementara, Siadi-Tyas Sujud Jago Golkar di Pilkada Malang 2020

Tidak hanya yang bersifat konvensional,  seperti jajak pendapat melalui telepon atau sampling secara langsung. Polling online pun mulai terlihat,  seperti di laman internet strawpoll.com

Straw Poll adalah layanan pembuatan poll online yang mudah, ringkas, cepat disertai statistik yang informatif. Berfungsi untuk melakukan pengumpulan data berbagai hal,  tak terkecuali untuk kepentingan pemilihan umum (pemilu). Baik polling untuk melihat siapa yang mendapat dukungan penuh masyarakat dalam Pilpres maupun Pileg yang akan datang secara online. 

Hal ini terlihat dari strawpoll yang dilakukan untuk mewakili aspirasi masyarakat di dapil V Jawa Timur (Jatim) untuk Partai Demokrat. 

Dari strawpoll tersebut,  tertulis nama-nama caleg dari partai Demokrat yang berjumlah 8 orang. Yaitu, Nurhayati Ali Assegaf, Ghufron Marzuqi, Nurseto Budhi Santoso, Pieter C Zulkifli, Dian Febrianti, Sutrisno, Nurma S dan Agus Subagyo. 

Sampai tertanggal 24 Juli 2018 data pemilih di strawpoll masih dikuasai oleh Ghufron Marzuki. Dengan 53,67 persen atau 241vote. Di urutan kedua ada Nurseto Budhi Santoso dengan 34,52 persen (155), disusul  Nurhayati dengan perolehan 46 vote atau sekitar 10,24 persen. Di bawahnya ada Pieter C,  Nurma dengan jumlah vote yang sama yaitu 3. Sedangkan untuk Dian mendapat 1 vote (0,22 persen). Dua lainnya Sutrisno dan Agus Subagyo belum ada yang memvote-nya sampai berita ini ditulis. 

Pemakaian strawpoll dikarenakan sifatnya yang sederhana,  dibandingkan,  misalnya menggunakan Geoogle Form atau SurveyMonkey. 

Baca Juga : Gantikan SBY, AHY Terpilih Aklamasi jadi Ketua Umum Partai Demokrat

Straw Poll tidak memerlukan pendaftaran atau tetek bengek macam-macam. Masyarakat langsung bisa melakukan pemilihan yang telah disiapkan oleh pengguna strawpoll.  Misal,  di pemilihan caleg Partai Demokrat,  pembuat strawpoll sudah menyiapkan nama-nama calon. Masyarakat tinggal memberi pilihan pada nama-nama tersebut dan memvotenya. 

Selain itu strawpoll juga bisa dilink pun melalui berbagai media sosial lainnya. Yang menarik juga kita bisa melihat hasil statistik pengisian polling. Dengan mengklik menu Results yang akan menampilkan daftar suara yang diurutkan dari yang terbanyak sampai terkecil. Juga dilengkapi grafik lingkaran di sebelah kanan kalau anda lebih suka gambar yang mewakili data yang ada.