Para PKL saat melakukan relokasi di area Alun-Alun Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Para PKL saat melakukan relokasi di area Alun-Alun Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

MALANGTIMES - Para Pedagang Kaki Lima (PKL) Alun-Alun Kota Batu mulai  direlokasi sejak Senin (23/7/2018). Hanya saja, tempat relokasi ini sifatnya masih sementara.

“Ini relokasi tahap pertama, dengan demikian para PKL ini tidak selamanya di area ini,” ungkap Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso.

Setelah melakukan relokasi dan para PKL kembali berjualan, Pemkot Batu bakal menyiapkan tempat yang representatif bagi mereka. Tentunya mencari lahan yang lebih luas untuk berjualan.

“Kita akan mencarikan tempat yang representatif, lebih leluasa dibuat jualan dan pastinya jualan mereka ini pasti laku,” katanya.

Lalu saat ditanya di mana para PKL ini bakal direlokasi tahap ke dua?

Menurut Punjul, mereka akan direlokasi tidak jauh dari kawasan Alun-Alun Kota Batu.

“Kita akan merelekosi mereka tentunya gak jauh dari Alun-Alun Kota Batu. Tapi ini masih kita carikan dulu sembari mereka mulai beraktivitas lagi,” jelas pria yang menjabat dua periode ini. 

Menurutnya relokasi tahap selanjutnya itu dilakukan agar area Alun-Alun Kota Batu terlihat bersih. Kemudian agar lalu lintas di sekitarnya lancar. 

Namun untuk tempat baru nantinya lanjut Punjul, masih belum diketahui kapan akan direalisasikan. Sebab saat ini Pemkot Batu masih dalam tahap pencarian lahan. 

“Kalau nanti kita sudah dapat lahannya yang pas, pasti mereka akan segera kami pindahkan. Ini kami masih cari,” tutup politisi PDIP Kota Batu ini.