Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

Rayakan Maulid Nabi, Lesbumi NU Kota Malang Gelar Festival Sekarbanjar

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Yunan Helmy

15 - Sep - 2023, 10:51

Placeholder
Poster Festival Sekarbanjar yang digelar oleh Lesbumi NU Kota Malang. (Foto: istimewa)

JATIMTIMES - Menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW, Lembaga Seni Budaya Muslimin Indonesia (Lesbumi) NU Kota Malang menggelar Festival Sekarbanjar. Festival yang akan berlangsung mulai 6-8 Oktober 2023 merupakan salah satu bentuk ikhtiar budaya Jawa Timur-an dalam merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Ketua Lesbumi NU Kota Malang Fathul H. Panatapraja menjelaskan, perayaan Festival Sekarbanjar dilaksanakan atas dasar kecintaan terhadap Nabi Muhammad SAW. Lebih khusus, Lesbumi merasa punya kewajiban menghadirkan khazanah kebudayaan setempat yang berkelindan dengan Islam yang diajarkan Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga : Di Ambang Kemenangan Perang Suksesi Jawa III, Pangeran Mangkubumi Angkat Diri sebagai Pakubuwono III sebelum Perjanjian Giyanti

“Festival Sekarbanjar ini adalah perayaan yang kami sebut; menyelam lebih dalam, memanjat lebih tinggi, dan membaca semakin jauh, sang pembawa risalah, Nabi Muhammad SAW,” kata Fathul.

Festival Sekarbanjar sudah dirancang Lesbumi NU Kota Malang sejak awal tahun 2023. Pada prosesnya, kemudian dilakukan penyempurnaan-penyempurnaan rangkaian kegiatan. Mulai dari konsistensi pengurus Lesbumi NU Kota Malang membaca serat Saptawikrama, gelaran Mbeber Klasa, dan kegiatan lain baik ritual dan seremonial.

“Festival Sekarbanjar ini adalah ikhtiar budaya dari Lesbumi NU Kota Malang. Yang juga merupakan kegiatan puncak dari permenungan yang dimanifestasikan dalam berbagai respon kegiatan,” imbuhnya.

Nama Sekarbanjar sendiri, Fathul menambahkan, berasal dari usalan Sutak Wardiono. Dewan pakar Lesbumi NU Kota Malang itu mengatakan,  arti  Sekarbanjar adalah fase dan etape perjalanan, atau disebut telusur asal-usul.

“Berangkat dari pijakan inilah, konsep dan gagasan Festival Sekarbanjar kami luncurkan. Sebagai bentuk kecintaan kami sebagai umat terhadap nabi besar Muhammad SAW, sebagai asal,” tandasnya.

Ketua pelaksana Festival Sekarbanjar Fajrus Sidiq menyatakan, perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW tersebut digelar dengan perpaduan konsep islami dan budaya lokal. Artinya, budaya masyarakat setempat dalam merayakan dan memaknai Maulid Nabi Muhammad SAW. Tema yang diusung yaitu; "Tawasul Rasul, Membuhul Asal-Usul".

Baca Juga : 3 Amalan Sunah untuk Meraih Pahala di Bulan Rabiul Awal

“Festival Sekarbanjar adalah perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW. Meski begitu, kegiatannya tidak hanya pembacaan maulud diba, pengajian. Ada kirab gunungan jeruk sebagai bentuk kepedulian terhadap potensi pertanian setempat, kirab tombak Kyai Sekarbanjar yang merupakan pusaka Lesbumi NU Kota Malang, pasar rakyat, pameran pusaka, pustaka dan seni rupa, dialog kebudayaan dan sejarah, juga pementasan kesenian baik tradisional lokal hingga nasional,” ujarnya.

Festival Sekarbanjar akan dilaksanakan selama 3 hari di Sumber Serut, Dusun Genting, Kelurahan Merjosar,i Kota Malang, Jumat-Minggu 6-8 Oktober 2023. Festival Sekarbanjar  akan dibuka oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elistianto Dardak. Sedangkan narasumber yang dihadirkan yaitu Ketua Lesbumi PBNU KH. M. Jadul Maula untuk dialog kebudayaan. Juga Wahyu Widodo, seorang peneliti dan kandidat doktor kajian Asia Tenggara dari Universitas Leiden Belanda yang akan membahas historiografi desa khususnya tentang Dusun Genting sebagai daerah bersejarah.

“Panitia mengundang seluruh masyarakat untuk hadir dan memeriahkan Festival Sekarbanjar 2023. Kami juga berharap pelaksanaan perayaan ini lancar dengan dukungan semua pihak,” tukasnya.

Sebagai informasi, Festival Sekarbanjar 2023 ini disponsori oleh PT Djarum, dan sejumlah donasi dari berbagai pihak. Panitia juga masih membuka dukungan sponsorship dan donasi hingga H-1 pelaksanaan kegiatan. Informasi lebih lanjut bisa menghubungi panitia atau direct message Instagram @festivalsekarbanjar.


Topik

Peristiwa Festival Sekarbanjar Lesbumi NU Lesbumi



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Yunan Helmy