Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Komisi B DPRD Kota Malang Tinjau Proyek SPAM 2 dan WTP Perumda Tugu Tirta: Sudah Sesuai Harapan

Penulis : Tubagus Achmad - Editor : Nurlayla Ratri

13 - Sep - 2023, 20:27

Ketua Komisi B DPRD Kota Malang Trio Agus Purwono (tengah) didampingi Direktur Teknik Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang Ari Mukti saat di lokasi pembangunan Water Treatment Plant (WTP), Rabu (13/9/2023). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)
Ketua Komisi B DPRD Kota Malang Trio Agus Purwono (tengah) didampingi Direktur Teknik Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang Ari Mukti saat di lokasi pembangunan Water Treatment Plant (WTP), Rabu (13/9/2023). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Komisi B DPRD Kota Malang melakukan peninjauan proyek pembangunan Sistem Penyedia Air Minum (SPAM) 2 yang berada di Kantor Pusat Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang dan Water Treatment Plant (WTP) di Kelurahan Pandanwangi, Kecamatan Blimbing, Kota Malang.

Ketua Komisi B DPRD Kota Malang Trio Agus Purwono didampingi anggotanya yakni Akhdiyat Syabril Ulum dan Jose Rizal Joesoef menyampaikan, bahwa kegiatan peninjauan proyek pembangunan SPAM 2 dan WTP ini untuk memastikan ketersediaan air minum bagi masyarakat Kota Malang terpenuhi.

Baca Juga : Fasilitas Publik di Kabupaten Malang Belum Inklusif, Wabup: Perencanaan Sudah Ada

"Kalau mengandalkan dari Sumberpitu masih sangat kurang. Alhamdulillah kita melihat di SPAM 2, karena itu harapannya bisa membantu kekurangan air yang di Sumberpitu itu untuk (pelanggan) di wilayah Kedungkandang," ungkap Trio, Rabu (13/9/2023).

 

Tinjau SPAM 2.



Pihaknya pun mengaku puas dengan kerja yang dilakukan jajaran Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tugu Tirta Kota Malang yang telah mempercepat finalisasi proyek SPAM 2 di Kantor Pusat Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang.

Terlebih lagi, ketika beberapa waktu lalu jajaran Komisi B DPRD Kota Malang melakukan peninjauan terhadap pembangunan proyek SPAM 2 masih terdapat beberapa kendala dan permasalahan yang harus segera dituntaskan.

"Beberapa memang kemarin kendalanya kan masalah kualitas. Ini filtrasinya sudah selesai dipasang. Bagaimana janjinya Ibu Dirtek (Perumda Tugu Tirta) waktu kita hearing, dua minggu selesai. Alhamdulillaah tadi sudah kita lihat, itu sudah selesai semua," ujar Trio.

Pihaknya mengaku, apa yang telah menjadi rekomendasi dari Komisi B DPRD Kota Malang dan komitmen dari Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang sudah berjalan sesuai dengan rencana.

"Sudah sesuai harapan. Karena pada waktu itu air sudah bisa dihasilkan, tapi kualitasnya kan belum memenuhi syarat. Sekarang sudah ada filtrasinya. Artinya apa yang kemarin menjadi kendalanya sudah selesai," tutur Trio.

 

Tinjau interkoneksi.



Dengan adanya percepatan finalisasi proyek SPAM 2 di Kantor Pusat Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang ini, pihaknya berharap dapat menjadi solusi jangka pendek atas berbagai ketersediaan air minum di wilayah Kecamatan Kedungkandang dan sekitarnya.

"Harapan kita yaitu untuk beberapa wilayah yang selama ini terkadang terganggu karena dari Sumberpitu yang kurang stabil, itu bisa terpenuhi dari SPAM 2 yang ada di Sawojajar," kata Trio.

Lebih lanjut, berkaitan dengan proyek WTP yang ke depan dapat mengalirkan air sebanyak 200 liter per detik (lps), menurutnya hal itu merupakan solusi jangka menengah untuk permasalahan ketersediaan air minum di Kota Malang.

Untuk proyek WTP yang dikerjakan oleh Perum Jasa Tirta (PJT) I ini, pihaknya melakukan pengecekan di dua titik. Yakni titik pertama, interkoneksi yang menghubungkan pipa dari WTP menuju pipa induk milik Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang di kawasan Jalan Industri Wendit Barat, Desa Mangliawan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang.

 

Tinjau WTP.



Kemudian titik yang kedua yakni di kawasan Kelurahan Pandanwangi, Kecamatan Blimbing, Kota Malang yang menjadi titik pembangunan proyek WTP. 

"Progresnya sudah 62 persen. Kita optimis, di akhir September atau awal Oktober semua sudah selesai," kata Trio.

Menurutnya, ketika proyek finalisasi SPAM 2 dan pembangunan WTP sudah selesai di Oktober 2023 ini, pada awal tahun 2024 mendatang, semua permasalahan terkait dengan ketersediaan air akan terselesaikan secara bertahap.

Baca Juga : Pemkot dan DPRD Kota Mojokerto Sepakati Perubahan Dua Perangkat Daerah dan Lanjut Bahas PAPBD

"Harapan kita ini bisa selesai dan rampung semuanya itu di akhir September sudah beres. Sehingga di awal tahun ibaratnya permasalahan (supply air) di Kota Malang sudah beres. Karena 200 lps sudah bisa terpenuhi," tandas Trio.

Sementara itu, Direktur Teknik Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang Ari Mukti menyampaikan, bahwa dalam penuntasan permasalahan ketersediaan air dengan proyek pembangunan SPAM 2 dan WTP sudah sesuai dengan rencana.

Menurutnya, untuk proyek finalisasi SPAM 2, selama sepekan ini sedang dilakukan uji coba kualitas air dengan penggunaan alat filtrasi yang telah terpasang.

"Mulai kemarin sudah kita lakukan uji coba dengan filtrasi. Kita sudah lakukan kemarin, untuk masa satu minggu ini hasilnya jauh-jauh lebih baik. Kalau kemarin berbanding 1/10 sekarang 1/100," ungkap Ari Mukti.

Terkait dengan pembangunan interkoneksi yang menghubungkan pipa dari WTP ke pipa induk Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang, pihaknya menargetkan akhir September 2023 dapat terselesaikan.

"Kita sudah melebihi progres dari rencana. Untuk interkoneksi akhir September selesai," pungkas Ari Mukti.


Topik

Pemerintahan Perumda Tugu Tirta Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang PDAM Kota Malang WTP


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Tubagus Achmad

Editor

Nurlayla Ratri