Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pemerintahan

Dinsos-P3AP2KB Kota Malang Kuatkan Sinergi dengan Pepabri dan FKPPI untuk Pembinaan Lansia

Penulis : Tubagus Achmad, Zahwa Fadhilah Sari - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

12 - Sep - 2023, 18:53

Placeholder
Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos-P3AP2KB) Kota Malang Donny Sandito saat ditemui di lokasi acara peringatan ulang tahun Pepabri ke-64 dan FKPPI ke-45, Selasa (12/9/2023). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos-P3AP2KB) Kota Malang terus melakukan sinergi dengan Pepabri dan FKPPI dalam rangka pembinaan masyarakat lanjut usia (lansia). 

Pepabri yang merupakan singkatan dari Persatuan Purnawirawan dan Warakawuri TNI dan Polri ini memiliki anggota para lansia yang merupakan purnawirawan TNI/Polri. Sedangkan Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI-Polri atau FKPPI berperan dalam membantu Dinsos-P3AP2KB Kota Malang maupun Pepabri dalam pembinaan lansia. 

Baca Juga : Ambisi Besar Sultan Agung Satukan Jawa: Taklukkan Madura dengan Serangan Nasi Liwet Ajaib

Kepala Dinsos-P3AP2KB Kota Malang Donny Sandito menyampaikan, kedua organisasi kemasyarakatan (ormas) Pepabri dan FKPPI merupakan pilar sosial dari Dinsos-P3AP2KB yang sangat berperan dalam membina para lansia di Kota Malang. Khususnya para purnawirawan lansia. 

"Jadi di Dinsos-P3AP2KB itu kan kami sebagai pembina lansia, karang taruna, karang werda, sehingga seperti Pepabri ini merupakan pilar yang sangat penting buat kami khususnya dalam rangka pembinaan para purnawirawan TNI dan Polri," ungkap Donny usai menghadiri HUT ke-64 tahun Pepabri dan FKPPI ke-45, Selasa (12/9/2023). 

Mantan Kepala Bagian Humas Sekretariat Daerah Kota Malang ini mengatakan, sinergi yang terjalin antara Pemerintah Kota (Pemkot) Malang melalui Dinsos-P3AP2KB Kota Malang dengan Pepabri dan FKPPI terus dilakukan.

Salah satu upaya dari Pemkot Malang melalui Dinsos-P3AP2KB dalam membina para purnawirawan lansia TNI/Polri ini dengan menyerahkan dana hibah sebesar Rp 90 juta kepada Pepabri, serta kepada empat ormas yang beranggotakan lansia lainnya. 

Penyerahan dana hibah ini diberikan oleh Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko yang juga bertindak sebagai Ketua Komisi Daerah (Komda) Lansia Kota Malang, pada momentum puncak Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN), Selasa (6/6/2023) di Gedung Malang Creative Center (MCC) Kota Malang. 

"Harapannya Pepabri paling tidak bisa mensejahterakan keluarganya, bukan dari segi pendapatan tapi dari segi lainnya, misalnya dari segi kesehatan dan lain sebagainya, sehingga kualitas hidup anggota Pepabri bisa lebih baik," ungkap Donny.  

Baca Juga : SBY Terlihat Akrab dengan Prabowo di HUT Pepabri, Demokrat: Kita Harap Terus Berlanjut

Pria yang dulunya pernah menjabat sebagai Camat Kedungkandang ini menyampaikan, bahwa dengan adanya upaya-upaya dari Pemkot Malang melalui Dinsos-P3AP2KB mebina para lansia, sehingga hal itu juga berdampak pada Usia Harapan Hidup (UHH) Kota Malang. 

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Malang, UHH Kota Malang terus meningkat. Yakni berada di angka 73 tahun. Angka tersebut berada di atas UHH Provinsi Jawa Timur (Jatim) maupun di Indonesia yang berada di angka 71 tahun. 

"Sehingga bapak ibu purnawirawan lansia TNI/Polri itu bisa meningkatkan kualitas hidup dsn berkarya di masa pensiunnya. Karena bagaimana pun juga kan ini terkait dengan Usia Harapan Hidup," tandas Donny. 


Topik

Pemerintahan Dinsos kota malang lansia



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Tubagus Achmad, Zahwa Fadhilah Sari

Editor

Sri Kurnia Mahiruni