Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Area Terbakar Gunung Arjuno Wilayah Kota Batu Capai 916,33 Hektare

Penulis : Irsya Richa - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

11 - Sep - 2023, 05:30

Area kebakaran hutan di Gunung Arjuno. (Foto: Istimewa)
Area kebakaran hutan di Gunung Arjuno. (Foto: Istimewa)

JATIMTIMES - Kebakaran hutan Gunung Arjuno di wilayah Kota Batu terjadi sejak 1 September 2023. Kurang lebih kini luasan area yang terbakar mencapai 916,33 hektare.

Tim gabungan masih terus melakukan pemadaman dari darat maupun udara. Hingga pukul 11.30 telah dilakukan water bombing menggunakan helicopter WB Tipe AS350B3e Reg PK-DAP pada Senin (11/9/2023).

Baca Juga : Jeritan Pedagang Kecil yang Tercekik Regulasi Baru Pasar Induk Among Tani Kota Batu

“Water bombing sudah dilakukan sebanyak 9 kali sampai pukul 11.30,” ungkap Kepala Pelaksana BPBD Kota Batu, Agung Sedayu.

Tim gabungan juga diberangkatkan untuk pemantauan Water Bombing Kebakaran Hutan dan Lahan Gunung Arjuna melalui jalur Brakseng. Tujuan tim gabungan itu menuju Curah Kluntung.

Tim gabungan ini tediri dari BPBD Kota Batu, Tahura R. Soerjo, Dinas Kesehatan, TNI, Polri, Satpol PP, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Perhutani, FPRB, Tagana, Agen Bencana Provinsi Jawa Timur, PMI Kota Batu, Linmas, Brigade Penolong 13.38 Kota Batu, organisasi relawan, serta masyarakat.

Upaya pemadaman darat sudah dilakukan kurang lebih di 41 titik koordinat api Gunung Arjuna Wilayah Kota Batu. “Tetapi kami tetap melaksanakan pemantauan, monitoring, dan evaluasi situasi terkini perkembangan kebakaran hutan dan lahan,” imbuh Agung.

Baca Juga : Viral, Mobil Pelat Merah Mengeluarkan Asap Tebal, Dinasker DKI: Rusak, Itu Perjalanan ke Bengkel

Sementara itu upaya lainnya yang telah dilakukan dengan penetapan SK Status Tanggap Darurat Bencana Kebakaran Hutan Gunung Arjuno di Wilayah Kota Batu Nomor : 188.45/269/KEP/422.012/2023 oleh PJ Wali Kota Batu.

Sebelumnya juga telah mengaktivasi Posko Pemadaman di Tahura Resort 04 Batu. Lalu pendistribusian logistik, serta pembukaan dapur umum.


Topik

Peristiwa Gunung Arjuno kebakaran hutan kota batu


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Sri Kurnia Mahiruni