Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

Malam Ini Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Tutup Semua Akses untuk Padamkan Api

Penulis : Tubagus Achmad - Editor : A Yahya

10 - Sep - 2023, 21:50

Placeholder
Kawasan Bukit Teletubbies di wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) mengalami kebakaran beberapa waktu lalu. (Foto: BB TNBTS)

JATIMTIMES - Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) menutup semua akses ke kawasan taman nasional untuk memadamkan kobaran api.

Penutupan itu dilakukan sebagaimana disampaikan Kepala Bagian Tata Usaha BB TNBTS Septi Eka Wardhani dalam keterangan remi. Septi menyampaikan, penutupan seluruh akses menuju kawasan taman nasional dilakukan pada Minggu (10/9/2023) pada pukul 19.00 WIB sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Baca Juga : Mobil Jazz di Kota Malang Seruduk Kios Bensin lalu Hangus Terbakar

Pihaknya mengatakan, penutupan seluruh akses menuju kawasan taman nasional merupakan upaya dari BB TNBTS untuk memperlancar proses pemadaman api yang membakar hutan dan lahan di kawasan TNBTS.

"Untuk kelancaran proses pemadaman dan memerhatikan keamanan pengunjung, maka seluruh akses menuju dan/atau melintas melalui Taman Nasional ditutup secara total," ujar Septi, Minggu (10/9/2023).

Septi menjelaskan, bahwa setidaknya seluruh akses masuk dari empat daerah menuju taman nasional sudah dilakukan penutupan secara total. Yakni di Coban Trisula, Kabupaten Malang; Wonokitri, Kabupaten Pasuruan; Cemorolawang, Kabupaten Probolinggo; serta Senduro, Kabupaten Lumajang.

Meskipun seluruh pintu masuk dilakukan penutupan secara total, kebijakan tersebut berlaku untuk pengunjung dan masyarakat umum. Namun untuk masyarakat Desa Ranupani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang dan Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang masih diperbolehkan melintas.

"Akses hanya dibuka untuk masyarakat Desa Ranupani, Kabupaten Lumajang dan masyarakat Desa Ngadas, Kabupaten Malang," jelas Septi.

Baca Juga : Semakin Mantap Songsong WCU, FITK Launching International Language Area

Septi mengimbau, bagi masyarakat yang akan melintasi jalur Malang-Lumajang atau sebaliknya melalui Poncokusumo atau Senduro, diimbau agar mencari jalur alternatif lainnya.

Sementara itu, pihaknya juga mengimbau kepada seluruh masyarakat, pengunjung dan pelaku jasa wisata agar dapat bersinergi menjaga kawasan TNBTS dari kebakaran hutan dan lahan dengan tidak menyalakan api dan sejenisnya.

"Antara lain, petasan, kembang api, dan flare demi keselamatan, keamanan, dan kenyamanan bersama serta melaporkan kepada petugas jika menemukan titik api di dalam Kawasan TNBTS," pungkas Septi.


Topik

Peristiwa Bromo Tengger Semeru taman nasional terbakar



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Tubagus Achmad

Editor

A Yahya