Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Lingkungan

Begini Cara Dua Desa di Kota Batu Sukses Kelola Sampah Mandiri

Penulis : Irsya Richa - Editor : Yunan Helmy

09 - Sep - 2023, 20:56

Placeholder
Warga saat membuang sampah organik di dalam komposter di RT 3 RW 12 Desa Pesanggrahan, Kecamatan Batu.

JATIMTIMES - Masyarakat Kota Batu kini tengah berupaya maksimal mengolah sampah secara mandiri pasca-Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo, hanya menerima sampah residu. Meski baru 10 hari, Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai memberikan apresiasi kepada beberapa RW di desa/kelurahan yang mampu mengelola sampah secara mandiri.

Apresiasi itu diberikan saat berkeliling melihat pengelolaan sampah milik warga di dua titik. Yakni RT 7 RW 3 Desa Mojorejo, Kecamatan Junrejo, dan RT 3 RW 12 Desa Pesanggrahan, Kecamatan Batu.

Baca Juga : Update Kebakaran Gunung Arjuno Wilayah Kota Batu, 41 Titik Api Padam

Kedua tempat itu memiliki komposter yang cukup besar untuk masyarakat sekitar. Sehingga warga bisa memilah sampah mulai dari rumah.

Sampah oraganik diletakkan di tempat tersebut. Sementara sampah anorganik bisa mereka jual kembali melalui bank sampah.

Aries menjelaskan, apresiasi diberikan kepada warga RT 03 RW 13 Desa Pesanggrahan karena telah 3 tahun  mempraktikan pengelolaan sampah dari rumah serta dimanfaatkan bagi lingkungan sekitar. “Warga telah memilah sampah dan memanfaatkan sampah organik menjadi kompos serta pupuk cair untuk tanaman,” ungkap Aries.

Kemudian di wilayah RT 7 RW 3 Desa Mojorejo, bagi Aries, penerapan tersebut sebuah solusi yang bagus bagi setiap lingkungan minimal di tingkat RT. “Dengan biaya yang terjangkau dan ada solusi untuk persoalan sampah di lingkungan kita,” ucap Aries.

Baca Juga : Renovasi Stadion Kanjuruhan Belum Terealisasi, Relokasi Pedagang Dianggarkan Rp 290,7 Juta

Untuk mewujudkan pengelolaan sampah tersebut, yang terpenting harus dilakukan adalah keterlibatan masyarakat dengan TP PKK dan dasawisma.

“Terpenting adalah ada kemauan warga untuk bekerja, karena secanggih apa pun alat yang diberikan jika tidak ada yang bekerja, maka akan sia-sia,” tutup Aries.


Topik

Lingkungan Sampah di Kota Batu pengelolaan sampah sampah



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Yunan Helmy