Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pendidikan

Unikama Beber Alasan Penobatan Bupati Sanusi sebagai Tokoh Inspirasi Pendidikan

Penulis : Tubagus Achmad - Editor : Yunan Helmy

09 - Sep - 2023, 20:45

Placeholder
Rektor Unikama Dr Sudi Dul Aji MSi saat ditemui usai gelaran kuliah umum di Auditorium Multikultural Unikama, Sabtu (9/9/2023). (Foto: Zahwa Fadhilah/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Rektor Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) Dr Sudi Dul Aji membeberkan alasan penobatan Bupati Malang HM. Sanusi sebagai Tokoh Inspirasi Pendidikan Kabupaten Malang. 

Sudi menyampaikan, setelah melalui pengamatan dan analisis mendalam, setidaknya terdapat empat alasan yang membuat Unikama memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Bupati Sanusi sebagai Tokoh Inspirasi Pendidikan Kabupaten Malang. 

Baca Juga : Bupati Malang Sanusi Dinobatkan sebagai Tokoh Inspirasi Pendidikan oleh Unikama

Pertama, Bupati Sanusi dinilai memiliki perhatian lebih terhadap dunia pendidikan di Kabupaten Malang. Hal itu terlihat dari alokasi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Malang Tahun Anggaran 2023 sebesar 36 persen atau Rp 1,46 triliun untuk sektor pendidikan. 

"Diindikasikan hampir 36 persen alokasi APBD untuk dunia pendidikan. Kalau nasional kan 40 persen. Tidak semua daerah mengalokasikan anggaran cukup tinggi (untuk pendidikan)," ujar Sudi, Sabtu (9/9/2023). 

Kedua, pihak Unikama melihat bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang di bawah kepemimpinan Bupati Sanusi telah peduli terhadap dunia pendidikan. Salah satunya dengan memberikan bantuan kepada guru-guru pendidikan anak usia dini (PAUD) dan guru-guru bimbingan konseling (BK) untuk melanjutkan studinya di jenjang yang lebih tinggi. 

Ketiga, pihaknya mengaku telah melihat secara langsung terdapat banyak sekolah di Kabupaten Malang yang diberikan bantuan untuk ruang kegiatan belajar (RKB). Mulai dari ruangan UKS, perpustakaan hingga toilet yang diberikan secara langsung untuk peningkatan pembelajaran di tingkat sekolah dasar. 

Keempat, mengenai keberadaan kawasan ekonomi khusus (KEK) yang berlokasi di wilayah Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Menurut rektor, Sanusi telah konsisten menjalankan komitmennya dalam memajukan dunia pendidikan. 

 KEK Singosari telah berproses untuk dilakukan pengembangan pendidikan di sektor IT. Maka dengan begitu, diharapkan guru-guru di Kabupaten Malang dapat memanfaatkan proses pengembangan IT di KEK Singosari. 

"Kami akan menyambut, kami akan melakukan workshop untuk itu, pembelajaran di tingkat SD, SMP dengan memanfaatkan IT. Itulah kenapa kemudian Pak Bupati kami nobatkan sebagai Tokoh Inspirasi Pendidikan di Kabupaten Malang," ungkap Sudi. 

Baca Juga : Unikama Gelar Kuliah Umum, Hadirkan Ratusan Kades

Lebih lanjut, pihaknya berharap terdapat sinergi tri partit antara Unikama, Pemkab Malang dan kelompok masyarakat untuk saling bekerja sama dalam rangka meningkatkan kompetensi di berbagai bidang. 

"Bisa di sektor pendidikan, di sektor ekonomi, di sektor hukum. Saya kira memungkinkan untuk semua sektor itu," tutur Sudi. 

Sementara itu, Bupati Malang HM. Sanusi mengucapkan terima kasih kepada pihak Unikama yang telah memberikan penghargaan kepada dirinya sebagai Tokoh Inspirasi Pendidikan Kabupaten Malang. Dirinya juga mengapresiasi Unikama yang telah melihat kinerja dari Pemkab Malang, khususnya pada sektor pendidikan. 

"Sehingga tentunya lebih memacu untuk meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Malang dengan nanti berkolaborasi bersama Unikama dalam hal pemberdayaan masyarakat desa di Kabupaten Malang," pungkas Sanusi. 


Topik

Pendidikan Unikama Bupati Malang HM. Sanusi Tokoh Inspirasi Pendidikan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Tubagus Achmad

Editor

Yunan Helmy