Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Hiburan, Budaya dan Seni

Kartunis Buat Ilustrasi Merinding Abad Ini, Disaksikan 3 Juta Pasang Mata

Penulis : Hezza Sukmasita - Editor : A Yahya

21 - Jul - 2018, 19:21

Kartunis asal Azerbaijan Gunduz Agayev (foto: Meydan TV)
Kartunis asal Azerbaijan Gunduz Agayev (foto: Meydan TV)

MALANGATIMES.- Seorang kartunis bernama Gunduz Agayev membuat warganet tercengang. Tak kurang dari 3,5 juta orang menyaksikan potret yang dilukiskan Agayev lewat ilustrasi yang ia buat. Kartunis asal Azerbaijan itu membuat beragam gambar yang menyindir kondisi dunia saat ini.

Gambar Aghayev ada di laman Bored Panda. Ada sekitar 13 gambar tentang situasi dunia saat ini. Diantara gambar-gambar bernada satir karya Aghayev adalah tentang media. Ia menyindir tayangan televisi. Ilustrasi Aghayev itu menunjukkan seorang pria tengah buang hajat lalu bertuliskan 'TV'. Di bawah sorotan layar TV, Aghayev mengambarkan beramai-ramai orang menonton.

Baca Juga : Pernah Bikin Album Bareng, Bebi Romeo Kenang Perjalanan Bermusik Bersama Glenn Fredly

Warganet dengan nama Brett Kidd mengomentari ilustrasi karya Agayev itu. Dalam bahasa Inggris, Kidd setuju dengan pendapat Agayev. "This is exactly how I feel whenever I watch any reality TV show," tulisnya di laman Bored Panda. Artinya kurang lebih, Kidd setuju bahwa tayangan televisi sesungguhnya bagai menyaksikan tayangan-tayangan sampah.

Gambar lainnya ialah menyentil masalah perang. Sebagai warga dunia, agaknya Anda pun menyadari bahwa peperangan antara umat manusia masih terjadi bahkan hingga detik ini. Dalam ilustrasinya itu, Agayev menyoroti bahwa sesungguhnya perang adalah memberikan belasungkawa kepada prajurit yang gugur. Akan tetapi, satu sisi perang sesungguhnya memberikan aplaus kemenangan bagi mereka yang berhasil menghancurkan umat manusia. 

Baca Juga : Sambut HUT ke 106, Wali Kota Sutiaji Ajak Masyarakat Ukir Sejarah Lewat "Malang Bercerita" Bersama MalangTIMES

Mengomentari gambar tersebut, warganet asal Korea Selatan Ok Ha-Neul menuliskan kisah tentang pamannya dan saudara lelakinya yang turun di media perang. "I have five uncles in the military and one brother planning to go to the military. So when I see the posts like this in hits hard," tulis dia di laman Bored Panda. 

Sementara itu, Gunduz Agayev memang konsen kepada isu-isu global. Dalam wawancara ekslusif dengan Meydan TV yang tayang di laman resmi mereka, Agayev mengatakan sebagai warga dunia ia memang ingin melukiskan hal tentang kemanusiaan dan keadilan. Dalam wawancaranya itu, Agayev mengungkapkan ia menggambar dengan menggunakan tablet. Dalam satu bulan, dia bisa membuat lebih dari 200 ilustrasi. (*)


Topik

Hiburan, Budaya dan Seni laman-Bored-Panda kartun-viral Gunduz-Agayev


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hezza Sukmasita

Editor

A Yahya