Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pendidikan

Ekspansi Luar Negeri Unisma Berlanjut, Kali Ini Gandeng Khazar University Azerbaijan  

Penulis : Anggara Sudiongko, Andini Dwi Sekartanti, Aurelia Lucretie - Editor : Yunan Helmy

08 - Sep - 2023, 19:40

Placeholder
Lawatan pimpinan Unisma ke luar negeri dalam rangka penandatanganan MoU antara Unisma dengan Khazar University, Baku, Azerbaijan. (ist) 

JATIMTIMES - Rektor Universitas Islam Malang Prof Dr H Maskuri MSi melanjutkan lawatan luar negeri ke Azerbaijan. Lawatan ini dalam rangka penandatanganan MoU antara Unisma Malang dengan Khazar University, Baku, Azerbaijan. 

Sebelumnya Unisma telah menandatangani MoU dengan Marmara University dan bekerja sama dengan Istanbul University Turki. Lawatan ke Turki, Azerbaijan, Rusia, Uni Emirat Arab, dan Malaysia ini dalam rangka memperluas jejaring atau akses kerja sama internasional dengan mitra perguruan tinggi kelas dunia pasca-Unisma meraih akreditasi internasional dari lembaga akreditas internasional ASIIN dan FIBAA Jerman. 

3

Selain untuk memperkuat jejaring kerja sama internasional, lawatan ke luar negeri jajaran pimpinan ini juga untuk memperkuat posisi milestone enterpreneural dan world class university Unisma Malang tahun 2023-2027. 

Baca Juga : Wali Kota Madiun Lepas Kontingen Porprov VIII Jatim, Target Masuk 10 Besar

Pengembangan akses kerja sama internasional ini mendapatkan dukungan penuh dari  Hildi Hamid, duta besar luar  biasa dan berkuasa penuh Republik Indonesia untuk Azerbaijan. "KBRI Baku Azerbaijan siap bersinergi dengan Unisma dalam rangka meningkatkan kerja sama antara Unisma dengan perguruan tinggi di Azerbaijan," ungkap Hildi.

Lebih lanjut, pertemuan yang didampingi oleh Wanda Widya dari fungsi penerangan, sosial dan budaya KBRI Baku ini juga dihadiri oleh Dr Ir H Badat Muwakhi MP (wakil rektor bidang kemahasiswaan, alumni dan keagamaan),  Dr Ir Hj Istirochah Pujiwati MP (wakil rektor bidang kelembagaan, publikasi dan teknologi informasi), serta Dr Imam Wahyudi Karimullah (kepala Kantor Urusan Internasional Unisma).

1

Sementara dari pihak Khazar University Azerbaijan, hadir Assoc Prof Irada Khalilova (rektor Khazar University) dan Prof Hamlet Isaxanli (founder and chairman, board of directors and trustees, founding member of Eurasian Academy). 

Sebagai tindak lanjut MoU, kedua perguruan tinggi ini sepakat melaksanakan kerja sama bidang tridarma dan pengembangan erasmus program dengan menggandeng Uni Eropa.

Lebih lanjut, rektor Unisma menambahkan bahwa kerja sama perguruan tinggi di bidang Tridarma Perguruan Tinggi dengan KBRI Baku sangat strategis untuk memperkuat hubungan antara Indonesia dan Azerbaijan, terkhusus untuk peningkatan kualitas pendidikan di kampus Unisma.

Lebih dari itu, Hildi Hamid menyampaikan bahwa KBRI Baku siap mendukung sebagai perantara dan fasilitator dalam menjembatani perguruan tinggi Indonesia dan di Azerbaijan untuk bekerja sama dalam tiga aspek Tridarma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

2

"Kerja sama Unisma dengan Khazar University sangatlah strategis," ungkap dia. 

 Khazar University adalah sebuah universitas terkemuka di Azerbaijan. Didirikan pada tahun 1991, universitas ini telah tumbuh menjadi pusat pendidikan unggulan di kawasan Kaukasus. Dengan beragam program studi yang ditawarkan di tingkat sarjana, magister, dan doktor, Khazar University menarik mahasiswa dari berbagai latar belakang dan negara.

Universitas ini terkenal karena fokusnya pada pembelajaran berbasis penelitian dan inovasi. Kurikulumnya dirancang untuk memberikan pengetahuan yang mendalam dalam berbagai bidang studi, mulai dari ilmu sosial hingga sains alam.

Baca Juga : NasDem Yakin PKS Akan Tetap di Koalisi Anies-Cak Imin

Selain itu, Khazar University juga mengedepankan kerja sama internasional dan pertukaran mahasiswa, menciptakan lingkungan belajar multikultural. Kampus Khazar University yang modern dan fasilitasnya yang canggih mendukung pengalaman belajar yang berkualitas. 

"Universitas ini memiliki fakultas berkualitas tinggi dan dosen yang berpengalaman, yang berperan dalam membantu mahasiswa mencapai potensi akademis dan profesional mereka," tambah rektor Unisma Malang.

Rektor Unisma menambahkan, KBRI Baku Azerbaijan memainkan peran penting dalam mempromosikan hubungan bilateral antara kedua negara.
Kedutaan bertugas untuk mewakili kepentingan Indonesia di Azerbaijan dan memfasilitasi kerja sama dalam berbagai bidang seperti perdagangan, investasi, budaya, dan pendidikan. 

Misi utamanya adalah untuk memperkuat ikatan antara kedua negara, serta mempromosikan pemahaman dan persahabatan antara masyarakat Indonesia dan Azerbaijan. Hal ini sangat relevan dengan milestone entepreneural dan world class university Unisma.

Dalam waktu dekat akan disiapkan program kerja sama erasmus yang akan melibatkan pendanaan dari Uni Eropa dan ini adalah semata mata untuk memperkuat posisi Unisma Malang di kancah internasional, sesuai dengan tagline Unisma Malang: dari NU untuk Indonesia dan Peradaban Dunia.


Topik

Pendidikan Unisma ekspansi luar negeri kerja sama internasional



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko, Andini Dwi Sekartanti, Aurelia Lucretie

Editor

Yunan Helmy