Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Politik

Pendaftaran Capres-Cawapres Dipercepat, Mahfud MD Langsung Singgung Soal Pertengkaran

Penulis : Mutmainah J - Editor : Nurlayla Ratri

08 - Sep - 2023, 18:00

Placeholder
Menko Polhukam Mahfud Md. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Menko Polhukam Mahfud Md buka suara soal rencana jadwal pendaftaran calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang akan dipercepat. Mahfud pada saat itu menyinggung soal waktu yang terlalu lama membuat pertengkaran.

"Saya berharap kita semua bisa menghantarkan, menyongsong dan mengantarkan pemilu dengan baik," kata Mahfud dalam acara Konsolidasi Kebangsaan di Hotel Royal Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (8/9/2023).

Baca Juga : KPK Sebut Pemeriksaan Cak Imin Sangat Penting Demi Keterangan Kasus Kemnaker

 

Ia kemudian memastikan semua tahapan pemilu berjalan dengan baik sampai saat ini. Dia menegaskan tidak ada lagi wacana penundaan pemilu.

"Sampai saat ini berjalan baik, dulu ada ribut-ribut mau ditunda, diperpanjang, saya katakan tidak," ujarnya.

Selanjutnya Mahfud mengungkap adanya perubahan jadwal pendaftaran capres-cawapres. Dari semula 19 Oktober-24 November 2023 menjadi 10-16 Oktober 2023.

"Sekarang tahapan-tahapan sudah berjalan, malah ini akan dipercepat pendaftaran presidennya. Karena ini terlalu lama bertengkar-bertengkar, siapa ini yang maju, siapa yang daftar. Yang semula dijadwalkan nanti pendaftaran dibuka 19 Oktober sampai 24 November, sekarang direncanakan dipercepat, pendaftaran 10 Oktober ditutup tanggal 16 Oktober," ujarnya.

Sementara itu jadwal pencoblosan tetap sesuai jadwal yakni 14 Februari 2024. Mahfud mengatakan perubahan jadwal ini tidak perlu UU, hanya kesepakatan antara Komisi II DPR dan Kemendagri.

"Enam hari aja ngapain ribut-ribut cari calon tukaran terus, ribut. Percepat. Coblosannya tetap tanggal 14 Februari," kata Mahfud.

"Nah saudara, ini draf, karena keputusan perubahan jadwal nggak perlu UU. Itu hanya perlu kesepakatan antara DPR Komisi II, Mendagri, KPU, Bawaslu ini aja ketemu ngobrol sudah setuju," lanjutnya.

Sementara diberitakan sebelumnya, Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia mengatakan pihaknya menunggu penjelasan detail dari KPU.

Baca Juga : Stadion Kanjuruhan Segera Direnovasi, Relokasi Kios Pedagang Bakal Dilakukan secara Bertahap

 

"Nanti akan kami minta penjelasan lebih detail dari KPU pada saat Rapat Konsultasi sebelum PKPU soal itu disetujui," kata Doli kepada wartawan, Jumat (8/9/2023).

Doli menilai, jadwal yang ditetapkan oleh KPU saat ini sudah sesuai dengan Perppu Pemilu. Doli belum bisa memastikan kapan pihaknya memanggil KPU untuk meminta penjelasan tentang rancangan PKPU tersebut.

"Waktu pendaftaran itu sudah sesuai dengan Perppu tentang Pemilu yang diterbitkan beberapa waktu lalu. Belum (jadwal rapat konsultasi), menunggu surat pengajuan dari KPU," ujarnya.

Perlu diketahui, berdasarkan draf PKPU jadwal pengumuman pendaftaran capres-cawapres bakal pada 7 Oktober hingga 9 Oktober 2023. Sementara, masa pendaftaran direncanakan akan dipercepat mulai 10 hingga 16 Oktober 2023.

Diketahui sebelumnya, masa pendaftaran pencalonan dimulai pada 19 Oktober hingga 25 November 2023. Jadwal ini berdasarkan PKPU 3/2022 tentang jadwal dan tahapan Pemilu 2024.


Topik

Politik Mahfud MD jadwal pendaftaran capres cawapres pilpres 2024 pemilu 2024



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Nurlayla Ratri