Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Dua Perguruan Tinggi Top Turki Kian Mantapkan Internasionalisasi Unisma Malang

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

07 - Sep - 2023, 16:32

Jajaran pimpinan Unisma melakukan lawatan ke luar negeri untuk memperkuat kerjasama internasional (Ist)
Jajaran pimpinan Unisma melakukan lawatan ke luar negeri untuk memperkuat kerjasama internasional (Ist)

JATIMTIMES - Jaring kerjasama internasional Universitas Islam Malang (Unisma) terus diperluas. Hal ini menjadi salah satu langkah Unisma dalam memperkuat milestone Unisma, yakni enterpreneural tahun 2023-2027 dan world class university yang menjadi milestone 2023-2027. 

Untuk itu, Rektor Unisma, Prof Dr H Maskuri Bakrie MSi didampingi jajaran Unisma melakukan lawatan ke beberapa negara untuk memperkuat jaringan kerjasama dengan instansi maupun perguruan tinggi setempat. Beberapa negara yang menjadi tujuan untuk memperkuat jaring kerjasama internasional tersebut adalah Turki, Azerbaijan, Rusia, Uni Emirat Arab, dan Malaysia.

Baca Juga : Launching Tim dan Jersey, Gresik United Target Masuk Liga 1

Pengembangam akses kerja sama internasional ini terus dilakukan pasca Unisma Malang meraih akreditasi internasional dari lembaga akreditasi internasional ASIIN dan FIBAA Jerman. Jalinan kerjasama diawali dengan pertemuan dengan Yang Mulia Bapak Darianto Harsono, Konsul Jenderal Republik Indonesia, di Istanbul Turki.

1

Dalam pertemuan yang didampingi oleh Marisa Wiedha Christyanti, Fungsi Penerangan, Sosial dan Budaya, KJRI Istanbul ini, Rektor Unisma Malang didampingi Dr Ir H Badat Muwakhid MP Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Keagamaan, serta Ibu Dr Ir Hj Istirochah Pujiwati MP Wakil Rektor Bidang Kelembagaan dan Teknologi Informasi, serta Dr Imam Wahyudi Karimullah, Kepala Kantor Urusan Internasional.

"Dalam poin kerjasama bidang Tridarma Perguruan Tinggi dengan Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Istanbul, memainkan peran penting dalam memperkuat hubungan antara Indonesia dan Turki. Selain itu, jalinan kerjasama ini tentu akan berimbas pada kemajuan pendidikan tinggi," ungkap Rektor Unisma. 

Lebih lanjut Rektor menjelaskan, bahwa Konjen Istanbul Turki siap mendukung menjadi perantara dan fasilitator dalam menjembatani perguruan tinggi Indonesia dan di Istanbul Turki untuk bekerja sama dalam tiga aspek Tridarma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. 

2

Wujud kongkret kerjasama pendidikan adalah dapat melibatkan pertukaran mahasiswa, dosen, atau program bersama antara Unisma Malang dan Perguruan Tinggi di Istanbul Turki. Ini dapat memperluas wawasan dan pengalaman pendidikan bagi mahasiswa kedua negara.

"Kemudian, kerjasama penelitian dapat mendukung kolaborasi dalam riset dan publikasi ilmiah yang bermanfaat bagi kedua negara," tambah Darsono. 

Sedangkan dalam bidang pengabdian kepada masyarakat internasional, Rektor Unisma Malang mengusulkan pendirian Program Studi Bahasa Indonesia di sejumlah perguruan tinggi di Istanbul Turki, serta pengembangan kerjasama dalam bidang sosial, dan budaya.

Dalam pendidikan agama, Indonesia dan Turki memiliki tradisi agama yang kaya, dan kerjasama dapat mencakup kajian bersama, penyelenggaraan International Conference dan seminar bersama yang memperdalam pemahaman agama Islam dan perbandingan agama secara lintas budaya.

3

Bidang sejarah, bahasa, dan budaya juga berpotensi untuk kolaborasi yang erat. Studi tentang sejarah bersama, bahasa, dan budaya bisa menggali akar budaya dan sejarah yang terkait antara kedua negara.

Dalam bidang ekonomi dan perbankan Islam, kerjasama dapat melibatkan program studi bersama yang mempersiapkan tenaga kerja yang kompeten di bidang keuangan syariah, menguji tugas akhir bersama. Hal ini bisa membantu memperkuat sektor ekonomi syariah di kedua negara.

Kerjasama ini akan memperkaya pengetahuan, mempromosikan pemahaman lintas budaya, dan mendukung pengembangan ekonomi berkelanjutan. Ini juga dapat membantu menghubungkan masyarakat akademik kedua negara, memfasilitasi pertukaran mahasiswa, dan memajukan kajian tentang Islam dan budaya dalam konteks global.

Pada kunjungan kerjasama luar negeri kali ini, Unisma Malang menggandeng dua perguruan tinggi papan atas (top university in Turki) dan yang tertua di Turki, antara lain, Istanbul University dan Marmara University.

4

Universitas Istanbul, atau Istanbul Universitesi, adalah salah satu perguruan tinggi tertua di Turki, didirikan pada tahun 1453. Universitas ini terletak di Istanbul, kota yang kaya sejarah dan budaya. Dengan lebih dari 600 program studi dan 12 fakultas, Universitas Istanbul menawarkan beragam pilihan pendidikan. 

Baca Juga : Turnamen Bola Voli Antar-SMA Sederajat di Unisma, Ajang Cari Bibit Atlet Voli di Jatim

Universitas Istanbul sendiri adalah salah satu universitas terkemuka di Turki, dengan reputasi yang kuat dalam ilmu sosial, humaniora, dan ilmu alam. Universitas Istanbul juga terkenal dengan perpustakaan besar dan koleksi berharga. 

Universitas ini menjadi pusat penelitian dan pembelajaran yang penting di wilayahnya dan terus berkembang dalam hal kualitas pendidikan dan risetnya.

Dalam kunjungan ke Istanbul University, Rektor UNISMA Malang diterima langsung oleh Rektor Istanbul University, Prof. Dr. Osman Bulent Zulfi̇kar, yang didampingi oleh Prof. Dr. Ayse Zisan Furat selaku Chair of International Academic Relations, dan Prof. Dr. Ali Guzelyuz, dari Faculty of Literature. 

Kedua belah pihak sepakat untuk bekerja sama di bidang tridarma dan akan dilaksanakan penandatanganan MoU dalam waktu dekat setelah pelaksanaan Focus Group Discussion (FGD) dari 2 perguruan tinggi ini untuk implementasinya.

Selepas melaksanakan pertemuan kerjasama dengan Istanbul University, delegasi Unisma Malang melaksanakan kegiatan penandatanganan MoU dengan pimpinan Marmara University, di Istanbul.

Marmara Universitesi, didirikan pada tahun 1883. Universitas ini memiliki sejarah yang kaya dalam pendidikan tinggi. Dengan beragam fakultas dan program studi, Marmara University menawarkan pendidikan berkualitas dalam berbagai bidang, termasuk ilmu sosial, ilmu alam, kedokteran, dan humaniora. 

Universitas ini memiliki fasilitas modern, perpustakaan yang kaya, dan fokus pada penelitian yang berdampak pada pengembangan ipteks.  Marmara University juga terkenal karena kerja sama internasionalnya yang luas dan berkontribusi pada perkembangan akademik, sosial, dan ekonomi di Istanbul dan Turki secara keseluruhan. 

Kegiatan penandatanganan MoU ini disaksikan langsung oleh Prof Nuri Tinaz, Head of Office for International and Academic Cooperation, Prof. Fehmi Yilmaz, Chairperson of Department of History; Assoc. Prof Abdulkadir Atar, Vice Director of the Institute Islamic Insurance Department; Asst. Prof Zeynelabidin Hayat, Insurance Department Marmara University dan juga dekan dan pimpinan dari Fakultas Theologi dan agama Islam.

"Dalam waktu dekat akan disiapkan program kerjasama Erasmus yang akan melibatkan pendanaan dari Uni Eropa, dan ini semata-mata untuk memperkuat posisi Unisma Malang di kancah internasional, sesuai dengan tagline Unisma Malang, dari NU untuk Indonesia dan Peradaban Dunia," tambah Rektor Unisma yang penuh semangat dan inovatif ini.


Topik

Pendidikan Unisma unisma malang kerjasama internasional


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Sri Kurnia Mahiruni