Sekda Kota Malang Beber Penyebab Tertundanya Pembangunan Pasar Blimbing

Jul 21, 2018 13:19
Sekertaris Daerah Kota Malang, Wasto (Pipit Anggraeni/MalangTIMES)
Sekertaris Daerah Kota Malang, Wasto (Pipit Anggraeni/MalangTIMES)

Sekertaris Daerah Kota Malang, Wasto menjelaskan jika Pemerintah Kota Malang tak bermaksud untuk menunda realisasi pembangunan Pasar Blimbing.

Karena sampai saat ini, finalisasi adendum atau perubahan perjanjian kerjasama masih dalam tahap finalisasi.

Baca Juga : Hari Ini, Pemkot Malang Luncurkan Bansos Tahap Awal bagi Warga Terdampak Covid-19

Menurutnya, ada beberapa poin yang perlu dibenahi dan dibincangkan dengan DPRD Kota Malang.

Karena dengan perubahan perjanjian itu, secara langsung berbuntut pada nilai investasi dan Detail Engineering Design (DED).

"Secara teknis akan kami selesaikan karena berbagai pihak sudah meminta agar pembangunan dilakukan secepatnya," katanya pada wartawan belum lama ini.

Lebih jauh Wasto menyampaikan, pengosongan pasar tidak dapat dilakukan begitu saja tanpa persetujuan pedagang. Sehingga pihaknya juga belum berani memerintahkan investor untuk memulai pembangunan pasar yang berada di kawasan Jl. Borobudur tersebut.

"Mengosongkan pasar memang tugas kami, tapi kan itu bukan hal yang mudah," imbuhnya.

Mantan Kepala Barenlitbang Kota Malang itu menyampaikan, ketika sudah ditemukan kesepahaman dan ada persetujuan dari semua pihak, maka pembangunan akan segera dilakukan.

Baca Juga : Bantuan Pangan Non Tunai di Kota Batu Sudah Cair, Berikut Jadwal dan Lokasi Tokonya

Namun ia belum dapat memastikan jika tahun ini seluruh pedagang akan pindah ke penampungan sementara yaitu bekas Stadion Blimbing.

"Kalau sudah sepakat semua kami harap pedagang mau pindah ke relokasi," urqi Wasto.

Sementara itu, anggota Komisi A DPRD Kota Malang Hadi Susanto mendesak Pemerintah Kota Malang segera menuntaskan sederet polemik pasar tradisional yang masih terkantung-kantung hingga sekarang.

"Bukan hanya Blimbing, tapi pasar tradisional yang lain seperti Pasar Gadang juga harus segera diselesaikan. Pasar tradisional harus menjadi prioritas," terang politisi PDI-Perjuangan itu.

Topik
Sekda kota malangPasar BlimbingPembangunan

Berita Lainnya

Berita

Terbaru