Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

30 Hektare Lahan Kilang Minyak Tuban Terbakar, Gabungan Damkar Turun Tangan

Penulis : Ahmad Istihar - Editor : A Yahya

05 - Sep - 2023, 09:22

Kondisi lahan kilang minyak Tuban (05/09/2023)(Foto Ahmad Istihar/JatimTIMES)
Kondisi lahan kilang minyak Tuban (05/09/2023)(Foto Ahmad Istihar/JatimTIMES)

JATIMTIMES -Lahan kilang minyak Tuban di kampung milyader Desa Sumurgeneng, Kecamatan Jenu terbakar. Kobaran api sendiri diketahui sejak pukul 12.30 WIB hingga malam hari tak kunjung padam, Senin (04/09/2023).

Kabid Pemadam Kebakaran, Satpol PP dan Damkar Kabupaten Tuban, Sutaji menjelaskan bahwa, Informasi diterima kebakaran terjadi pada siang hari pukul 12.30 WIB. Api terlihat membakar semak-semak, pepohonan hingga bongkahan kayu bekas tebangan tergeletak.

Baca Juga : Pemandian Air Panas Cangar Ditutup Imbas Karhutla Gunung Arjuno

Alhasil, Kobaran api cepat membesar lantaran tiupan angin sangat kencang, sehingga membuat petugas pemadam super extra menangani si jago merah tersebut.

"Karena angin kencang dan semak belukar serta kayu juga kering sehingga api cepat merembet ke mana-mana dan membesar," tutur mantan camat Bancar Sutaji.

Ia menambahkan, guna mengatasi kebakaran di lahan milik kilang minyak ini Damkar Tuban telah menerjunkan seluruh personil dan 6 armada. Karena kebakaran lahan sangat luas dan dimungkinkan hingga 30 hektar, sehingga Satpol PP dan Damkar Tuban meminta bantuan kepada pihak terkait yang memiliki tenaga personil dan mobil pemadam. Diantaranya, dari PLN Power Nusantara, TPPI, Pemdes Socorejo, Pt Solusi Bangun Indonesia (SBI), BPBD, Forkompimka dan Relawan Damkar.

"Karena lahan yang terbakar luas, sehingga kami juga memanggil perusahaan dan stakeholder terdekat yang memiliki personil serta mobil damkar agar ikut merapat untuk memadamkan api," beber Taji sapaan akrabnya.

Satpol PP dan Damkar Tuban mengimbau kepada masyarakat, perusahaan hingga perhutani diminta tidak membakar lahan sembarangan. Apalagi kondisi musim kemarau dan angin kencang. Jika terpaksa dibakar diharapkan ditunggui agar tidak mudah merembet.

"Kami juga mengimbau agar masyarakat tidak membuang putung rokok sembarangan. Apalagi membuang rokok di lahan kering, sehingga berpotensi terjadi kebakaran," harap Sutaji.

Baca Juga : Bakar Sajadah Nabi Muhammad SAW, Tikus Boleh Dibunuh dalam Islam, Ustaz Khalid Basalamah

Sementara itu, terkait bantuan tim damkar gabungan yang memadamkan kobaran api di Kecamatan Jenu itu langsung direspon oleh PT PLN Nusantara Power UP Tanjung Awar Awar. Melalui Assisten Manajer Umum dan Corporate Social Responsibility (CSR), Bilal Joko Suratno mengatakan, guna ikut memadamkan kobaran api pihaknya telah menerjunkan 9 personil dan 1 armada damkar. Hingga saat ini tim damkar PLN Power Nusantara masih membantu petugas Damkar Tuban untuk memadamkan api. 

"Hingga saat ini tim kami juga masih di lapangan membantu memadamkan api," ucapnya saat dimintai keterangan.

Diketahui, hingga malam hari petugas gabungan pemadam kebakaran masih berlanjut memadamkan api. Kemudian, terkait kebakaran tersebut pihak Satpol PP dan Damkar masih mencari penyebabnya. Disisi lain, dengan peristiwa kebakaran itu hingga saat ini masih berupaya mendapatkan konfirmasi dari pihak kilang Tuban.(*)


Topik

Peristiwa Kabupaten Tuban kilang minyak Tuban terbakar kebakaran kilang minyak


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ahmad Istihar

Editor

A Yahya