Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Wisata

Pemandian Air Panas Cangar Ditutup Imbas Karhutla Gunung Arjuno

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : A Yahya

05 - Sep - 2023, 06:52

Karhutla kawasan Gunung Arjuno. (Foto: Instagram)
Karhutla kawasan Gunung Arjuno. (Foto: Instagram)

JATIMTIMES - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di kawasan Gunung Arjuno dan Welirang terus meluas hingga kawasan hutan di Kabupaten Mojokerto. Titik api yang muncul sejak Sabtu (26/8/2023) menjalar hingga lebih dari sepekan itu sulit dipadamkan dan terus menjalari tetumbuhan yang mengering akibat kemarau. 

Per-Senin (4/9/2023), karhutla Gunung Arjuno dan Welirang meluas dan mulai masuk Dusun Pacet Selatan, Desa/ Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. Dan titik api disebutkan sudah terlihat di kawasan Tahura Raden Soerjo Pacet di Jalur Cangar. Namun masih jauh dari pemukiman warga. 

Baca Juga : Kisah Kehidupan Kassian Cephas, Fotografer Pribumi Pertama di Hindia Belanda

Imbas dari karhutla kawasan Gunung Arjuno dan Welirang itu, jalur pendakian hingga objek wisata pemandian air panas Cangar ditutup sementara mulai Senin (4/9/2023).

Pihak Tahura Raden Soerjo menyampaikan, penutupan sementara ini berlaku disemua jalur pendakian dan juga objek wisata di kawasan Tahura Raden Soerjo.

“Sehubungan dengan adanya kebakaran hutan yang terjadi dikawasan Tahura R. Soerjo sejak 26 Agustus 2023 sampai dengan saat ini, maka seluruh aktifitas wisata alam termasuk pendakian Gunung Arjuno-Welirang, Gunung Pundak, Bukit Watu Jengger, Bukit Semar, Bukit Cendono dan Pemandian Air Panas Cangar DITUTUP SEMENTARA sampai batas waktu yang tidak ditentukan,” demikian isi surat resmi dari UPTD Tahura Raden Soedarjo, dikutip Instagram @tahuraradensoedarjo.official, tertanggal 4 September 2023. 

Lebih lanjut dalam keterangan tersebut dijelaskan penutupan ini dilakukan karena sampai dengan saat ini bencana kebakaran hutan di Gunung Arjuno masih belum dapat dipadamkan dan terus meluas. Sehingga akan berbahaya jika jalur pendakian ataupun tempat wisata di kawasan tersebut dibuka.

"Untuk reschedule pendakian dapat menghubungi kontak admin yang tertera di website booking," tulis keterangan resmi yang ditandatangani Kepala UPTD Tahura Raden Soedarjo Ahmad Wahyudi. 

Pengumuman penutupan jalur pendakian dan tempat wisata Cangar. (Foto: Instagram)

Pengumuman penutupan jalur pendakian dan tempat wisata Cangar. (Foto: Instagram) 

Baca Juga : Stasiun Tulungagung Ternyata Pernah Punya Jalur Kereta Api Menuju Trenggalek, Ini Buktinya

Sebagaimana diberitakan, kebakaran di kawasan Gunung Arjuno diduga disebabkan aktivitas perburuan liar. Berdasarkan pendalaman pihak kepolisian, para pemburu liar tersebut melakukan aktivitas perburuan yang diduga dengan sengaja membakar hutan pada Jumat (25/8/2023) malam.

Sebelumnya, personel gabungan yang terlibat dalam antisipasi sekaligus pemadaman juga memanfaatkan drone hingga aplikasi SiPongi untuk memaksimalkan patroli di Gunung Arjuno. Helikopter water bombing juga diterjunkan guna mengoptimalkan pemadaman.


Topik

Wisata Kebakaran hutan gunung Arjuno gunung welirang cangar air panas cangar


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

A Yahya