Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Disnaker-PMPTSP Kota Malang Gelar Pelatihan Kerja Servis Motor Injeksi, Libatkan 67 Pencari Kerja

Penulis : Tubagus Achmad - Editor : Yunan Helmy

04 - Sep - 2023, 19:23

Kepala Disnaker-PMPTSP Kota Malang Arif Tri Sastyawan saat memberikan sambutan dan pengarahan dalam pembukaan pelatihan kerja servis motor injeksi di Hotel Pelangi Malang, Senin (4/9/2023). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)
Kepala Disnaker-PMPTSP Kota Malang Arif Tri Sastyawan saat memberikan sambutan dan pengarahan dalam pembukaan pelatihan kerja servis motor injeksi di Hotel Pelangi Malang, Senin (4/9/2023). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Dinas Tenaga Kerja, Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Disnaker-PMPTSP) Kota Malang menggelar pelatihan kerja berbasis kompetensi servis sepeda motor injeksi dengan melibatkan 67 para pencari kerja di Kota Malang. 

Kepala Disnaker-PMPTSP Kota Malang Arif Tri Sastyawan menyampaikan, dalam kegiatan pelatihan kerja berbasis kompetensi servis sepeda motor injeksi kali ini, pihaknya menggunakan dana bagi hasil cukai tembakau (DBHCHT) tahun 2023 dan bekerja sama dengan NEC Malang. 

Baca Juga : Kebakaran Gudang Kayu di Malang: Percikan Gerinda Sambar Tiner, Mobil dan 5 Motor Ikut Ludes

Pelatihan kerja berbasis kompetensi servis sepeda motor injeksi ini berlangsung selama lima hari di Hotel Pelangi Malang. Yakni dimulai pada tanggal 4 sampai 9 September 2023. "Ini berlangsung lima hari praktik, satu hari uji kompetensi," ungkap Arif, Senin (4/9/2023).  

Penyerahan simbolis

Terdapat dua materi inti yang akan didapatkan oleh 67 pencari kerja. Yakni pelatihan dasar mengenai sepeda motor injeksi dan praktik servis sepeda motor injeksi. 

Disinggung mengenai alasannya menggelar pelatihan kerja berbasis kompetensi servis sepeda motor injeksi, Arif mengatakan bahwa servis sepeda motor merupakan peluang usaha untuk membuka lapangan pekerjaan. Terlebih lagi peminatnya pun banyak. Terbukti dari ratusan pendaftar, sebanyak 67 pencari kerja yang lolos seleksi. 

"Saat ini kebanyakan yang bengkel-bengkel rumahan itu yang bukan di diler itu biasanya kurang paham atau belum mampu mengetahui secara spesifik mengenai motor injeksi. Kalau motor karburator  saya kira semua sudah bisa," ujar Arif. 

Foto bersama.

Selain itu, hampir semua masyarakat di Kota Malang memiliki sepeda motor yang menggunakan teknologi terbaru, yakni injeksi. Peluang penyedia layanan jasa servis sepeda motor sangat terbuka lebar dengan banyaknya permintaan servis sepeda motor injeksi dari masyarakat. 

Baca Juga : Sukseskan ANBK Tahun 2023, Dinas Pendidikan Kota Kediri Gelar Bimtek

Disnaker-PMPTSP memiliki harapan besar kepada 67 pencari kerja yang nengikuti pelatihan kerja berbasis kompetensi servis sepeda motor injeksi ini untuk memiliki pemahaman mengenai sepeda motor injeksi. Sehingga dapat membuka lapangan kerja baru melalui adanya penyedia jasa layanan servis sepeda motor injeksi seperti bengkel. 

"Saya harapkan dari teman-teman ini tidak menunggu masyarakat yang perlu dilayani, tetapi harapan saya teman-teman dapat membuat suatu inovasi," pungkas Arif. 


Topik

Pemerintahan Disnaker-PMPTSP Kota Malang pelatihan kerja Pemkot Malang. Kota Malang


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Tubagus Achmad

Editor

Yunan Helmy