Empat Pesawat Mewah Ini Pernah Digunakan Kampanye, Bagaimana dengan Pemilu 2019?

Jul 20, 2018 20:21
Pesawat Nasdem terbaru tahun 2018. (Foto: detikNews)
Pesawat Nasdem terbaru tahun 2018. (Foto: detikNews)

MALANGTIMES - Pemilihan Presiden 2019 sudah semakin dekat. Sejumlah pertain politik mulai bersiap untuk menyambutnya baik mempersiapkan strategi hingga mempersiapkan akomodasi selama masa kampanye berlangsung.

Seperti yang dilakukan oleh Partai nasional Demokrat (NasDem) misalnya. Belum lama, tepatnya Januari lalu, Nasdem secara terang-terangan menyiapkan sebuah pesawat mewah untuk kampanye di 2019 nanti. Bahkan pesawat yang disiapkan Nasdem ini bertuliskan ‘Nasdem for Jokowi 2019’. Pesawat tersebut akan digunakan untuk Surya Paloh dan Jokowi saat berkampanye nanti.

Baca Juga : KPU Berharap Perpu Penundaan Pilkada Selesai April Ini

Melihat persiapan salah satu parpol tersebut, MalangTIMES ingin mengajak Anda flash back ke masa kampanye di tahun 2014 di mana partai-partai politik saat itu seolah berlomba menggunakan kendaraan super mewah untuk berkampanye.

Surya Paloh, Nasdem

Pesawat Nasdem terbaru tahun 2018. (Foto: detikNews)

Di masa Pemilu 2014 lalu Surya paloh menggunakan pesawat Embraer Phenom 100. Pesawat buatan Brasil ini sudah dilengkapi dengan interior bak di rumah, yakni dengan meja kerja hingga kamar tidur. Sayangnya peswat ini hanya mampu mengangkut 16 orang penumpang dengan 5 kru.

Abu Rizal Bakrie, Partai Golkar

Abu Rizal Bakrie di dalam pesawat Fokker yang disewanya. (Foto: DetikNews)

Tidak mau kalah, Bakrie juga menyewa sebuah pesawat khusus untuk kampanye. Bedanya pesawat yang disewa Bakrie cukup menampung banyak orang yakni 45 orang belum termask kru.

Pesawat yang disewanya adalah pesawat Fokker 100 bikinan Belanda. Selain pesawat, Bakri juga menyewa sebuah helikopter untuk transportasi kampanye jarak dekat. Hal ini dilakukan untuk mempersingkat waktu perjalanan.

Megawati Soekarnoputri, PDI Perjuangan

Pesawat yang disewa PDI Perjuangan untuk kampanye. (Foto: Twitter)

Partai yang dikenal dengan sebutan partai moncong putih ini juga menyewa pesawat khusus untuk kampanye. Hanya saja lebih sederhana jika dibandingkan dengan yang lain.

Pesawat tersebut adalah Boeing 737-800 bikinan AS. Pesawat tersebut dibranding dengan jargon PDI Perjuangan yakni ‘Indonesia Hebat!’.

Hatta Rajasa, Partai Amanat Nasional

Pesawat Gulfstream yang disewa Hatta Rajasa. (Foto: wikipedia)

Hatta Rajasa juga menggunakan pesawat buatan AS untuk kampanye. Dia menggunakan pesawat Gulfstream. Pesawat ini cukup istimewa sebab pesawat jet ini bermesin dua yang di dalamnya dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang sangat nyaman dan mewah.

Topik
Parpol Pemilu 2019 Kampanye pesawat mewah

Berita Lainnya

Berita

Terbaru