Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Politik

Gus Mahasin Ungkap Makna Surat Ali Imran Saat Deklarasi Anies-Cak Imin Kemarin

Penulis : Mutmainah J - Editor : Nurlayla Ratri

03 - Sep - 2023, 16:07

Placeholder
KH Nasirul Mahasin (Gus Mahasin). (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Lantunan Surat Ali Imran ayat 139-140 berkumandang dalam acara pengumuman deklarasi calon presiden dan calon wakil presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) di Hotel Majapahit, Sabtu (2/9). Adapun yang bertugas membaca surat tersebut adalah Qori internasional Ustaz Saiful Munir.

Terkait dengan berkumandangnya surat tersebut, KH Nasirul Mahasin (Gus Mahasin) mengungkap makna pembacaan Surat Ali Imran ayat 139-140 itu. Menurutnya ayat ini sangat tepat dibacakan saat deklarasi karena sarat akan makna, tuntunan dan semangat untuk teguh dalam perjuangan.

Baca Juga : PAN Tulungagung Nilai Kasus Gedor-Gedor Kamar Janda Urusan Pribadi

"Menurut saya ini ayat ini sangat pas dengan perjuangan yang akan dilakukan Pak Anies dan Gus Imin ke depan. Kisah yang sarat akan makna dan pesan agar kita semua teguh dalam pendirian dan semangat dalam berjuang," ujar kakak kandung Gus Baha itu, Minggu (3/9/2023).

Lebih lanjut Gus Mahasin mengatakan ayat ini turun setelah Rasulullah dan kaum muslimin kalah dalam perang Uhud oleh kafir Quraisy. 

“Orang-orang Yahudi Madinah bilang, ‘katanya Muhammad itu nabi, tapi kok kalah. Berarti tidak dibantu Tuhannya’,” ungkapnya. 

"Sedangkan orang-orang munafik Madinah bilang, 'makanya jangan berada dalam barisan Muhammad, nanti kalian mati terbunuh'. Nah, ayat ini sebagai hiburan kepada Nabi dan kaum muslimin agar jangan sedih dan merasa lemah dengan kekalahan itu," tambah Gus Mahasin.

Menurut Gus Mahasin, kalah dan menang itu dipergilirkan dan Allah sudah memenangkan Rasul dan kaum muslimin pada tahun kedua hijriah dalam perang badar.

"Kekalahan itu juga menjadi bagian dari seleksi atas orang-orang teguh pada pendirian dan mudah layu semangatnya," jelasnya.

Diketahui, Surat Ali Imran adalah surat ketiga dalam Al Quran setelah Al Fatihah dan Al Baqarah. Surat Ali Imran terdiri atas 200 ayat dan termasuk golongan surat Madaniyah karena diturunkan kepada Rasulullah di Madinah.

Surat ini dinamakan dengan Ali Imran karena memuat kisah keluarga Imran yang menurunkan Maryam dan putranya, Nabi Isa AS, beserta segala penggambaran tentang kuasa Allah SWT.

Baca Juga : Ada Proses Istikharah, Ini Alasan PKB Lebih Lirik Anies Dibanding Ganjar

Sebelumnya, usai deklarasi duet Anies dan Cak Imin dilangsungkan, Anies memastikan dalam waktu dekat ini dirinya dan Cak Imin akan keliling Indonesia. Keduanya akan bertemu dengan rakyat.

"Insyallah ke depannya kami akan langsung bergerak cepat keliling Indonesia menyampaikan apa yang jadi misi, gagasan kami," kata Anies usai deklarasi di Surabaya, Sabtu (2/9/2023).

Anies menyatakan, semangat deklarasi di Surabaya diyakini akan menular ke semua wilayah Indonesia.

"Jadi apa yang dimulai di Surabaya ini Insyallah akan menular ke seluruh Indonesia," tambahnya.

Dia pun berterima kasih kepada PKB, NasDem, dan PKS yang telah memberikan kepercayaan kepada dirinya dan Cak Imin. Dia berjanji bersama Cak Imin akan mengemban amanah tersebut dengan baik.

"Kami menyampaikan apresiasi atas amanah yang diberikan. Insyallah kami berdua akan mengemban amanah dengan baik," tandasnya.


Topik

Politik Gus Mahasin Anies Baswedan Cak Imin deklarasi



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Nurlayla Ratri