A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: fopen(/home/malangtimes.com/public_html//laksamana/ci_sessionoc8hcmp0qq1adad23hhbahrrcc4qtrcb): Failed to open stream: No space left on device

Filename: drivers/Session_files_driver.php

Line Number: 177

Backtrace:

File: /home/malangtimes.com/public_html/application/controllers/News.php
Line: 10
Function: __construct

File: /home/malangtimes.com/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: session_start(): Failed to read session data: user (path: /home/malangtimes.com/public_html//laksamana)

Filename: Session/Session.php

Line Number: 137

Backtrace:

File: /home/malangtimes.com/public_html/application/controllers/News.php
Line: 10
Function: __construct

File: /home/malangtimes.com/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

DPU-SDA Kabupaten Malang Optimalkan Potensi Pertanian, Irigasi Sumber Gongso Mampu Aliri 50 Hektare Lahan - Malang Times
Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pemerintahan

DPU-SDA Kabupaten Malang Optimalkan Potensi Pertanian, Irigasi Sumber Gongso Mampu Aliri 50 Hektare Lahan

Penulis : Ashaq Lupito - Editor : A Yahya

31 - Aug - 2023, 20:21

Placeholder
Ilustrasi lahan pertanian jagung. (Foto: Istimewa)

JATIMTIMES - Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (DPU-SDA) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang terus berupaya menyediakan jaringan irigasi bagi para petani. Karena ketersediaan jaringan irigasi ini dapat dimanfaatkan oleh para petani untuk bercocok tanam yang baik dan meningkatkan hasil panen.

Salah satunya seperti yang dirasakan oleh para petani yang ada di kawasan Daerah Irigasi (DI) Sumber Gongso, Desa Tumpukrenteng, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang. "Lahan pengganti dari alih fungsi lahan sawah di daerah irigasi Sumber Gongso telah diperoleh hasil yang cukup membanggakan," ungkap Kepala DPU-SDA Kabupaten Malang Farid Habibah.

Baca Juga : Cegah Karhutla di Tulungagung, Polisi Turun Tangan

Saat ini, jaringan irigasi yang ada di Daerah Irigasi Sumber Gongso telah mampu memenuhi kebutuhan para petani dalam mengairi puluhan hektare lahan. "Air dari daerah irigasi Sumber Gongso berhasil dibawa untuk mengaliri sesuai rencana. Yaitu untuk mengairi luasan area sekitar 50 hektare," terangnya.

Pasokan air yang cukup tersebut membuat hasil panen para petani menjadi meningkat. Di tambah, saat ini sebagian petani di sana telah beralih dari yang semula menanam tebu ke jagung.

"Pada tahap awal, sudah mulai banyak petani maupun pemilik lahan yang merubah tanamannya dari menanam tebu beralih ke tanaman pangan yaitu jagung," ujarnya.

Sebagaimana diberitakan, hasil peralihan dari yang semula para petani menanam tebu ke jagung tersebut, mampu menambah tingkat penghasilan para petani. Dalam setahun, para petani jagung bisa menghasilkan sekitar Rp 60 juta per satu hektare. Sedangkan jika ditanami tebu, hanya menghasilkan sekitar Rp 25 juta.

Baca Juga : Wisma Kartowibowo, Saksi Bisu Sejarah Perjuangan Pahlawan Pendidikan dari Blitar

"Saat ini ada ribuan aset yang berada di bawah naungan DPU-SDA Kabupaten Malang. Diantaranya meliputi 717 daerah irigasi. Keberadaan irigasi itulah yang juga akan kami optimalkan untuk menunjang sektor pertanian," tukasnya.


Topik

Pemerintahan kabupaten malang pertanian kabupaten malang farid habibah



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ashaq Lupito

Editor

A Yahya