Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Gaya Hidup

5 Tanda Kulit Tidak Cocok Skincare, Stop Sekarang Juga

Penulis : Mutmainah J - Editor : Yunan Helmy

31 - Aug - 2023, 07:46

Placeholder
Ilustrasi wanita merasa tidak cocok dengan skincare-nya. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Untuk menemukan produk perawatan wajah yang cocok dengan tipe kulit, terkadang seseorang harus mencoba berbagai skincare terlebih dahulu.

Sayangnya, meski telah mencoba banyak produk skincare, beberapa orang masih belum mengetahui apakah skincare yang digunakan cocok dengan kulitnya.

Baca Juga : Seratus Anak Penyu Dilepas ke Lautan Bebas Pantai Sanggar Tulungagung

Padahal, ciri-ciri skincare tidak cocok di kulit dapat dilihat melalui beberapa kondisi. Sejumlah kondisi yang menjadi tanda skincare tidak cocok di kulit antara lain kemerahan di wajah. 

Dilansir dari akun Tiktok @skincarediary, berikut 5 tanda skincare kamu tidak cocok dengan kulitmu.

Kulit Terasa Panas

Disaat kamu merasakan sensasi panas atau gatal setelah mengaplikasikan produk skincare, hal ini merupakan sebuah reaksi sensitif terhadap salah satu kandungan dalam produknya.

Terkadang rasa tersengat memang hal normal ketika menggunakan beberapa produk skincare,khususnya produk-produk eksfoliasi.

Tapi kalau rasa cekit-cekitnya tak kunjung hilang, bisa dipastikan bahwa produk skincare yang kamu gunakan tidak cocok untuk jenis kulitmu. Misalnya wajahmu terasa panas menyengat sampai meninggalkan ruam. Kemungkinan besar hal itu disebabkan oleh salah satu bahan kimia yang ada di dalam skincare tersebut.

Kulit Jadi Merah 

Kandungan Asam Salisilat yang biasa diformulasi dalam skincare untuk merawat kulit berjerawat berpotensi menimbulkan efek iritasi dan kemerahan pada kulit.

Bahkan beberapa kejadian bisa sampai membuat kulit sensitif berpotensi menjadi kering, berjerawat, kemerahan hingga iritasi.

Kalau kamu terus memaksakan penggunaan skincare yang sama sekali tidak cocok untuk kulit, bisa-bisa jerawat jadi makin parah.

Seandainya kamu memang tetap ingin menggunakan skincare dengan kandungan Salicylic Acid, pastikan produk yang kamu gunakan itu non-comedogenic. Produk skincare itu tidak mengandung minyak mineral, cocoa butter atau bahan penyumbat pori-pori lainnya.

Kulit Kering hingga Mengelupas

Kejadian kulit kering dan mengelupas saat menggunakan skincare baru sebenarnya wajar terjadi terlebih jika kamu memakai produk dengan kandungan Retinol atau Benzoid Peroxide. Sebab, retinol bekerja lebih cepat dalam mengelupas sel-sel kulit mati secara ringan dan menyebabkan iritasi ringan sehingga mendorong pertumbuhan kolagen baru.

Namun jika kulit mengalami iritasi berlebihan, mengering, bahkan mengelupas, hal ini tidak bisa dibiarkan begitu saja.

Baca Juga : Rekomendasi Jaket The North Face Terbaik untuk Pria dan Wanita

Pengelupasan kulit yang berlebihan dapat merusak Stratum Corneum, yaitu bagian yang menjadi pelindung terhadap patogen yang dapat melemahkan fungsi skin barrier.

Jika skin barrier rusak  mudah rentan terhadap reaksi dari mikroorganisme seperti bakteri dan jamur sehingga menyebabkan kulit menjadi sensitif dan mengalami iritasi.

Kulit Kusam

Perubahan pigmentasi. terutama pada tulang pipi, setelah menggunakan skincare baru selama beberapa hari, bisa jadi itu pertanda bahwa kulit wajahmu alergi pada bahan-bahan tertentu.

Inilah kondisi yang disebut dengan hiperpigmentasi paradox. Biasanya kondisi tersebut erat kaitannya dengan skincare untuk mencerahkan kulit yang diperkaya Asam Kojic.

Ketika sudah muncul bintik hitam, hiperpigmentasi, atau kulit kusam, baiknya hentikan semua perawatan kulit yang mengandung bahan-bahan tersebut.

Tunggu kulit untuk menyeimbangkan dirinya sendiri. Kemudian kamu bisa menggunakan serum vitamin c yang diformulasikan untuk mengurangi munculnya bintik-bintik coklat.

Semakin Dipakai Semakin Berminyak atau Semakin Kering

Ciri-ciri skincare tidak cocok selanjutnya adalah kulit wajah menjadi lebih berminyak atau lebih kering dari biasanya. Jika kulit wajah menjadi lebih berminyak ataupun kering secara berlebihan karena pemakaian produk baru, kemungkinan produk tersebut mengandung bahan yang terlalu berat atau yang merangsang produksi minyak berlebih pada kulit wajah atau pun mengandung bahan yang setidak sesuai dengan Ph kulit.

Salah satu kandungan bahan dalam produk skincare seperti minyak argan, paraben, dan alkohol berpotensi membuat kulit wajah berminyak.

Jadi, jika kamu mengalami 5 tanda di atas, kamu harus segera menghentikan pemakaian skincare tersebut.


Topik

Gaya Hidup Skincare perawatan kulit skincare tak cocok kulit



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Yunan Helmy